Ini Jadwal Keberangkatan CJH Kaltara ke Tanah Suci

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR – Jika sesuai jadwal, calon jemaah haji (CJH) Kaltara akan bertolak ke Jeddah, Arab Saudi pada 30 Juni pukul 14.15 WITA. Dengan kepastian tersebut maka semua CJH Kaltara pada 29 Juni pukul 14.00 WITA sudah berada di Asrama Haji Embarkasi Balikpapan.

Kepastian tersebut disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama, Saifi melalui Kepala Bidang Haji dan Bimas Islam Kanwil Kemenag Kaltara M Saleh, Selasa pagi (31/5).

Namun untuk kelompok terbang (kloter) CJH Kaltara, kata Saleh, baru dapat dipastikan saat rakor di Kanwil Kemenag Kaltim pada 2 Juni mendatang.

“Tapi jadwal yg kami terima, CJH Kaltara gabungan Kaltim pada kloter 07 BPN (Balikpapan),” ungkapnya.

Seperti diketahui, Pemerintah Arab Saudi kembali membuka pintu bagi umat Islam Indonesia untuk melaksanakan ibadah haji tahun ini setelah dua tahun berturut-turut ditiadakan karena pandemi Covid-19.

Hanya saja kuota haji tahun ini dibatasi 46 persen dari kuota normal/murni tahun 2019.

“Tahun ini kuota haji Kaltara hanya 189 orang, dan satu kuota untuk petugas haji daerah,“ ujarnya.

Kuota 189 tersebut tersebar di Kota Tarakan sebanyak 69 CJH, Nunukan 52 CJH,Bulungan 38 CJH, Malinau 23 dan Tana Tidung 7 CJH.Sementara saat kuota normal atau murni Tarakan sebanyak 152 JCH, Nunukan 114 JCH, Bulungan 85 CJH, Malinau 50 dan Tana Tidung 15 CJH .

Untuk persiapan jelang keberangkatan, kata mantan Kepala Kantor Kemenag Nunukan ini, sudah tidak ada masalah, semua berjalan sesuai dengan syarat dan tahapan.

“Mulai dari manasik haji, pelunasan biaya haji (BPIH), suntik meningitis hingga vaksin Covid-19 lengkap atau booster dan lainnya sudah dilakukan,” bebernya.

Hanya untuk vaksin booster mengalami kendala pada sinkronisasi Peduli Lindungi ke Siskohat (Sistem Komputerisasi Haji Terpadu).

“Tapi tidak banyak, hanya beberapa CJH saja, insyaallah dalam waktu dekat sudah bisa sinkron,” harapnya.

Saat ini CJH hanya menunggu pelepasan dari masing-masing daerah sebelum menuju asrama haji Balikpapan.”Nanti untuk pelepasan se-Kaltara dilakukan Gubernur Kaltara di embarkasi Balikpapan,” katanya. 

  • Bagikan