Penyaluran CSR Lebih Terarah dan Tepat Sasaran

  • Bagikan

FAJAR, NUNUKAN – Pemkab Nunukan dan perusahaan-perusahaan di wilayah Kabupaten Nunukan sepakat untuk membentuk Forum Corporate Social Responsibility (CSR) dalam rangka mengkordinasikan penyaluran dana pertanggungjawaban sosial perusahaan.

Melalui Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah Kabupaten Nunukan dan Forum CSR Kabupaten Nunukan menggelar rapat pembentukan pengurus Corporate Sosial Responsibility (CSR) bersama Wakil Bupati Nunukan H.Hanafiah, Sekretaris Daerah Kabupaten Nunukan Serfianus, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Asmar, Komisi 2 DPRD Nunukan Welson, BUMD, BUMN dan OPD Terkait, rapat berlansung di Ruang Pertemuan Lantai Empat Kantor Bupati Nunukan, Jumat, 14 Oktober.

Wakil Bupati Nunukan, Hanafiah mengatakan Program CSR Kabupaten Nunukan diselenggarakan dan diterapkan dalam lingkup wilayah Kabupaten Nunukan melibatkan Pemerintah Daerah, Perusahaan, Lembaga, Organisasi, Akademisi dan Masyarakat itu sendiri.

“Forum CSR dalam melaksanakan fungsi dan perannya seyogyanya menggunakan prinsip – prinsip dasar yaitu transparansi, akuntabilitas, profesional, berkelanjutan, kepekaan, kesetaraan, berwawasan, kejujuran dan amanah. Oleh sebab itu dengan kehadiran kita bersama disini, tentu saja diharapkan dapat mendukung arah gerak keberadaan forum CSR sering dengan terbentuknya kepengurusan forum CSR tahun 2022 ini,” jelasnya.

Lebih lanjut Hanafiah menyampaikan pesan, Keberadaan forum CSR ini sangatlah penting, karena perusahaan dan perbankan yang beroperasi di kabupaten Nunukan hendaknya bersama-sama mendukung percepatan pembangunan daerah. Menurutnya pembangunan saat ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah namun juga menjadi tanggung jawab semua pihak baik dunia usaha maupun masyarakat.

Nunukan Serfianus mengatakan, pengurus yang tergabung di Forum CSR semua dari unsur perusahaan. Sedangkan, dari unsur pemerintah tergabung dalam tim fasilitasi tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL).

“Tim fasilitasi dari unsur pemerintah daerah. Ini sudah terbentuk, tinggal menunggu SK (surat keputusan). Setelah SK tim fasilitasi diterbitkan, baru dibentuk Forum CSR yang beranggotakan perwakilan seluruh perusahaan dan terkait struktur Kkpengurusan forum CSR, mulai dari Dewan Pembina, kemudian Badan Pelaksana hingga Bidang-bidang, di harapkan Minggu depan sudah terisi, kita semua turut aktif memberikan sumbangsih nyata sebab forum CSR sangat erat kaitannya dengan kebutuhan untuk hajat hidup orang banyak”

Untuk diketahui pada tersebut telah terbentuk Tim Formatur Pengurus Forum Corporate Social Responsibility (CSR) Kabupaten Nunukan dan selanjutnya akan di lakukan rapat Interen terkait kepengurusan secara lengkap.(*)

  • Bagikan