Kinerja Bunda PAUD Tana Tidung Membanggakan

  • Bagikan
Bunda Paud Tana Tidung Vamelia Ibrahim

FAJAR, TANA TIDUNG — Bunda PAUD Tana Tidung mendorong seluruh guru dan tenaga kependidikan di jenjang PAUD untuk mengikuti Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Inspiratif yang diselenggarakan Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Agar guru optimal dalam mengikuti ajang tersebut, Bunda PAUD menggelar bimbingan teknis penyusunan naskah dan video yang dipersyaratkan. Kompetisi inovasi dalam pembelajaran berdifrensiasi ini menjadi momentum untuk menunjukkan kreativitas dan kompetensi GTK PAUD Tana Tidung.

“Dengan berbagai program yang telah dilaksanakan, diharapkan berdampak pada peningkatan kualitas guru dan pendidikan anak usia dini di Tana Tidung. Saya berharap guru Tana Tidung mengharumkan nama daerah di kancah nasional” kata Bunda PAUD Tana Tidung, Vamelia Ibrahim, saat membuka Bimbingan Teknis Penyusunan Naskah dan Video Apresiasi GTK, pada Selasa (18/10/2022)

Berbagai program yang telah dilaksanakannya berpihak pada guru. Mulai dari kesejahteraan, pendidikan, kompetensi, dan penghargaan. Sejak dikukuhkan sebagi Bunda PAUD, kesejahteraan guru PAUD ditingkatkan hingga dua kali lipat sesuai jenjang pendidikannya. Begitu juga dengan kualifikasi pendidikan guru PAUD, telah dilakukan kerjasama dengan Dewan Pendidikan sebagai penyalur beasiswa daerah.

Untuk meningkatkan kompetensi guru, lanjutnya, berbagai pelatihan telah dilaksanakan. Baik dalam daerah maupun luar daerah. Sedangkan penghargaan kepada guru PAUD diberikan melalui program PAUD Inovatif. Seluruh PAUD didorong berinovasi dalam meningkatkan akses PAUD Berkualitas.

“Inovasi terbaik akan diberikan penghargaan pada Hari Guru Nasional, bulan depan. Dan yang tak kalah penting, program Satu PAUD Satu Laptop yang telah terealisasi 100%. Menurut Direktorat PAUD saat kami audiensi beberapa waktu lalu, ini yang pertama di Indonesia” tambahya.

Direktur Guru PAUD dan Dikmas Kemdikbud Ristek, yang diwakili Koordinator Pokja Tata Kelola, Suhatri, mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Menurutnya, Tana Tidung merupakan kabupaten pertama di Indonesia yang menyelenggarakan bimbingan teknis ini.

“Setelah kami analisa, dibutuhkan bimbingan bagi guru mengenai penyusunan naskah dan video. Kami baru merencanakan, Tana Tidung sudah melaksanakannya. Bunda PAUD Tana Tidung luar biasa” kata Suhatri.

Hal senada juga dikemukakan Dr Thamrin Paleori yang menjadi narasumber pada kegiatan tersebut. Juara nasional 66 kali ini mengatakan bahwa perhatian pemerintah dan Bunda Tana Tidung sangat baik.

“Saya sudah membawakan materi di berbagai daerah. Tapi baru kali ini saya menemukan Bunda PAUD yang sangat konsen pada guru PAUD. Mulai dari kesejahteraan, pendidikan, kompetensi, hingga apresiasi” pungkasnya. (*)

  • Bagikan