Bersatu untuk Negeri, HUT KE-46  KKSS Kaltara Berlangsung Meriah

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR — Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Provinsi Kalimantan Utara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-46 dengan meriah. Ini terlihat dengan sejumlah kegiatan dihadiri banyak peserta. Tema yang diambil adalah “Bersatu Untuk Negeri”.  

Tema ini dipilih karena kondisi di negeri kita sekarang, banyak kegiatan yang disinyalir ke perpecahan, maka KKSS berharap bisa menyatukan kembali pemahaman yang berbeda dari beberapa etnis, suku dan bangsa. Dengan harapan Indonesia bisa menjadi bangsa yang bersatu, besar dan kuat.

Acara ini digelar selama 3 hari, dengan kegiatan seperti pertandingan domino (11/11) yang berlokasi di samping Ohayo Sebengkok. Permainan domino adalah salah satu budaya Sulawesi Selatan yang sering dimainkan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Dalam pertandingan ini diikuti sekira 300 perserta.

“Antusias masyarakat sangat bagus. Kami juga menyediakan hadiah seperti kulkas, TV, mesin cuci dan lain-lain,” ujar Ketua Panitia HUT ke-46 KKSS Kaltara yang juga Wakil Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga Amir Hamsyah S.T. M.T.

Di hari kedua ada juga kegiatan refleksi budaya (12/11) yang berlokasi di samping Ohayo Sebengkok. 

Refleksi budaya adalah pengingat bagi orang dari Sulawesi Selatan yang merantau di Tarakan untuk ditumbuhkan dan dikuatkan. Para perantau biasanya didominasi oleh orang-orang yang ingin meningkatkan status ekonominya menjadi lebih baik.

“Kegiatan refleksi mengingatkan untuk saling menolong dan membantu sebagai satu keluarga di daerah perantauan,” jelas Amir Hamsyah.

Refleksi budaya dihadiri oleh Wakil Wali Kota Tarakan Effendhi Djuprianto, S.H., para Ketua KKSS dari berbagai wilayah dan warga Sulawesi Selatan serta undangan.

Acara malam puncak HUT KKSS Kaltara ditandai dengan  penyerahan kado ala Bugis-Makassar dan refleksi budaya menghadirkan Abdi Mahesa S.S budayawan muda Sulawesi Selatan dengan Raja Muda Bulungan. Drs. H. Datu Dissan Maulana Djalaluddin yang dipandu oleh Dr. Syamsuddin Arfah

Di hari  ketiga yakni kegiatan bersepeda dan Jalan Santai (13/11) yang berlokasi dengan dan start/finish di Taman Berlabuh. Kegiatan ini sebagai kampanye rajin berolahraga dan hidup sehat yang diikuti oleh ribuan warga Tarakan kemarin. Acara ini diawali oleh kata sambutan dari Wali Kota Tarakan, dr. Khairul, M.Kes.

“Saya mengucapkan selamat hari Ulang Tahun KKSS yang ke-46, semoga KKSS terus berjaya dan yang paling penting, mari kita jaga stabilitas kota dan provinsi.  Semoga kita bisa membangun Kota Tarakan dan Provinsi Kalimanta Utara menjadi lebih baik dengan peran masing-masing,” ujarnya.

Ketua KKSS Kaltara Brigjen TNI Sulaiman, S.Sos, M.H mengatakan, acara ini dilakukan sebagai bentuk silaturahmi antara rekan-rekan KKSS dengan suku-suku lain untuk saling bercengkeramah di lapangan. Sehingga warga KKSS dan seluruh warga menjadi semakin kompak dan mempunyai hubungan sosial yang baik.

Setelah bersepeda dan jalan santai, acara di tutup oleh penarikan undian hadiah utama berupa sepeda 3 unit, barang elektronik dan ratusan doorprize lainnya.

“Harapan ke depannya KKSS bisa tampil di semua sektor. Misalnya di sektor pendidikan, bisnis dan legislatif. Sehingga kita bisa membantu ikut membangun Provinsi Kalimantan Utara menjadi maju dan sejahtera,” tambah Amir Hamsyah.

Turut hadir dalam kegiatan ini mantan Wakil Gubernur Kaltara H. Udin Hianggio, Kabinda Kaltara, Forkompinda Kaltara dan Kota Tarakan, anggota DPRD Kaltara dan Kota Tarakan, ketua – ketua pilar KKSS di tingkat provinsi dan kabupaten/kota se-Kaltara, dan tamu undangan.  (*) 

  • Bagikan