Kejati Kaltara Segera Terbentuk, Cabjari Tana Tidung Naik Status

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR – Kejaksaan Tinggi  (Kejati) Kaltara dipastikan akan segera terbentuk. Hal itu disampaikan Kepala Seksi Intelejen (Kasi Intel) Kejaksaan Negeri (Kejari) Bulungan, Alexius Brahma Tarigan. 

Dia mengatakan, saat ini usulan pembentukan Kejati Kaltara masih berproses di Sekretariat Negara (Setneg) dan masih menunggu Keputusan Presiden (Keppres). “Kalau lokasi kantor Kejati Kaltara rencananya di KBM (Kota Baru Mandiri) Tanjung Selor,” kata Alexius kepada Radar Kaltara saat ditemui di ruang kerjanya, Senin, 5 Desember. 

Untuk kantor sementara, Kejati Kaltara akan menggunakan gedung KNPI Bulungan. Artinya, saat ini  belum ada perubahan terkait hal tersebut. “Kalau sudah ada Keppres. Maka pembentukan Kejati Kaltara akan segera dibentuk,” ungkapnya. 

Menjelang Pemilu 2024, Kejari Bulungan terus mendorong agar pembentukan Kejati bisa segera terbentuk. Sebab, jika belum dibentuk maka koordinasi akan sulit. Begitu juga dengan penanganan perkara.

“Mudah-mudahan awal tahun 2023, Kejati Kaltara bisa segara terbentuk,” harapnya. 

Untuk pengisian pejabat yang akan bertugas di Kajati Kaltara kemungkinan akan diambil dari beberapa Kejari. Namun, secara teknis hal ini tergantung kebijakan pimpinan. “Jadi, secara teknis kami masih menunggu kebijakan pimpinan,” ungkapnya.

Nantinya, pembentukan Kejari Kaltara ini akan berjalan paralel dengan pembangunan kantor di KBM. Untuk lahan, dipastikan sudah tidak ada masalah, karena sudah ada pemecahan sertifikat.

“Awalnya kan sertifikat lahan itu milik Pemprov Kaltara. Tetapi, dengan adanya pemecahan ini maka sudah beralih ke Kejari Bulungan,” ujarnya. 

Selain pembentukan Kejati Kaltara, beberapa waktu lalu, tim Biro Perencanaan Kejaksaan Agung, Deputi Bidang Hukum dan Hak Asasi Manusia Sekretariat Negara dan Plt Kepala Kejaksaan Tinggi Kaltim juga sudah melakukan peninjuan ke lokasi rencana pembentukan Kejari Tana Tidung.

“Secara formil, usulannya Cabjari (Cabang Kejaksaan Negeri) Tana Tidung,” bebernya. 

Namun, seiring terbentuknya Polres Bulungan dan Kodim 0914/Tana Tidung, Cabjari akan naik status menjadi Kejari Tana Tidung. “Mudah-mudahan saja pembentukan Kejari Tana Tidung ini bisa bersamaan dengan Kejati Kaltara,” pungkasnya. (*) 

  • Bagikan