Survei Terbaru Parpol Terpopuler, NasDem Terunggul, Kalahkan PDIP hingga Golkar

  • Bagikan

FAJAR, MAKASSAR — Menuju Pemilu, 2024, tak sedikit lembaga survei melaksanakan riset terhadap parpol maupun tokoh politik.

Terbaru, Riset lembaga Cakradata melakukan survei dengan membandingkan popularitas partai-partai politik yang ada di Indonesia versi warganet.

Dari total 18 partai berlaga di pemilu 2024, NasDem berada di posisi pertama partai politik dengan tingkat popularitas digital tertinggi.

“Partai NasDem menjadi partai politik terpopuler dalam percakapan warganet di kanal media sosial dan media online,” demikian dikutip dari hasil riset Cakradata periode.

Menanggapi hal ini, Wakil ketua bidang media DPW NasDem Sulsel, Mustakim Musma menyampaikan eksistensi partai NasDem di tengah masyarakat selama ini, tak luput dari kebersamaan dengan generasi milenial.

“Sebagai pembuktian bahwa partai NasDem sudah hadir bersama para anak muda atau generasi milenial,” ujarnya, Kamis (19/1/2023).

Dia berpandangan, di era revolusi indusstri sekarang, kalangan generasi muda lintasan kegiatan bermuara pada konten kreator medsos.

Hal ini membuat generasi muda menjadikan dunia digitalisasi sebagai kebutuhan untuk kegiatan keseharian.

“Karena boleh dibilang paling banyak menggunakan platfom media sosial adalah milenial,” tutur mantan wartawan itu.

Dia menambahkan, partai NasDem selalu hadir ditengah masyarakat. Bukan hanya saat pemilu atau pilkada. Melainkan situasi apapun NasDem tetap bersama masyarakat umum.

“Dan NasDem sudah hadir disitu berdampingan. Terbukti dari data survei itu,” pungkasnya.

Diketahui, Riset yang dilakukan Cakradata dengan mengumpulkan data percakapan baik pada kanal twitter, instagram, youtube, facebook, news dan blog.

Hasilnya NasDem berada di urutan pertama dengan total percakapan 224.895, urutan kedua ada PDIP dengan total percakapan 143.646, ketiga ada Partai Demokrat dengan total percakapan 123.131.

Selanjutnya urutan keempat ada Partai Gerindra dengan total percakapan 116.861, dan urutan kelima ada Partai Golkar 53.592 percakapan.

Selain itu, Cakradata melakukan analisis sentimen yang terbagi menjadi sentimen negatif, positif, dan netral, dengan tingkat akurasi 92%.

Hasilnya, PKB menjadi partai terfavorit dengan persentase percakapan positif terbanyak dibanding partai lain.

PKB mendapatkan percakapan positif sebanyak 94%, Partai Hanura 84% percakapan positif, Perindo 72% percakapan positif, Partai Buruh 71% percakapan positif, dan PBB 69 Percakapan Positif.

Sedangkan Partai NasDem, PDIP, Partai Demokrat, Partai Gerindra, dan Partai Golkar secara berurutan mendapatkan hasil percakapan positif sebanyak 37,35%, 41%, 66%, 60%, dan 58%. (*)

  • Bagikan