Tilang Elektronik Bakal Diterapkan di Nunukan dan Bulungan 

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kaltara berencana menambah kamera tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) di Bumi Benuanta. Nantinya, kamera ETLE akan dipasang di beberapa titik di wilayah Tanjung Selor, Nunukan dan Bulungan yang memiliki kepadatan lalu lintas.

Kapolda Kaltara, Irjen Pol Daniel Adityajaya melalui Dirlantas Polda Kaltara, Kombes Pol Rachmad Iswan Nusi mengatakan, saat ini Polda Kaltara masih menunggu peralatan ETLE dari Mabes Polri. Nantinya, alat itu akan dipasang di Nunukan, Bulungan dan Tarakan. 

“Untuk di Tarakan ada tiga titik, Nunukan dua titik dan Bulungan satu titik,” kata Rachmad, siang kemarin. 

Untuk di Bulungan, rencananya ETLE akan dipasang di Jalan Sengkawit yang memiliki kepadatan lalu lintas cukup tinggi. “ETLE masih terbatas. Jadi, kita fokuskan di titik yang memiliki kepadatan lalu lintas,” ungkapnya.

Apalagi, saat ini jumlah kendaraan di Kaltara terus bertambah. Berdasarkan data terakhir, jumlahnya mencapai 200 ribu. “Setiap tahun, rerata ada 12 ribu kendaraan baru di Kaltara,” ujarnya.

Menyoal pergantian pelat hitam ke putih, Rachmad mengatakan, saat ini sudah ada beberapa kendaraan yang menggunakan pelat putih. Khususnya, kendaraan baru dan perpanjangan pajak lima tahun. “Jumlahnya belum banyak. Belum sampai ribuan kendaraan,” ungkapnya. (*) 

  • Bagikan