Dinas PUPR – Perkim Kaltara Alokasikan Rp22,4 M untuk Pengaspalan Jalan Provinsi Ruas Tanah Kuning-Mangkupadi

  • Bagikan
Ruas Tana Kuning-Mangkupadi yang telah dikerjakan Pemprov Kaltara. Dinas PUPR-Perkim, kembali melanjutkan pengaspalan di jalan tersebut.

FAJAR, TANJUNG SELOR — Dinas PUPR-Perkim Kaltara melanjutkan perbaikan ruas jalan Tanah Kuning-Mangkupadi. Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat pun telah digelontorkan, sebesar Rp22,4 miliar.

Kepada FAJAR, Kepala Dinas PUPR-Perkim Kaltara, Datu Iman Suramenggala melalui Kepala Bidang Bina Marga, Erni mengatakan, lokasi pekerjaan di ruas jalan Tanah Kuning-Mankupadi, merupakan lanjutan dari paket yang telah dikerjakan sebelumnya. Tahun ini pihaknya mendapat kucuran DAK untuk kembali melakukan pengaspalan di ruas tersebut.

Dengan alokasi Rp22 miliar lebih, kata dia, ruas jalan yang akan ditangani sepanjang kurang lebih 9,67 kilometer dengan lingkup pekerjaan terdiri dari peningkatan jalan sepanjang 2,67 km dan pemeliharaan rutin sepanjang 7 km. “Pada tahun 2022 melalui alokasi DAK kita sudah aspal akses Tanah Kuning-Mangkupadi sepanjang 1,2 kilometer. Tahun ini kita dapat DAK dari pusat untuk penanganan lanjutan sepanjang 9,67 kilometer,” bebernya kepada FAJAR, saat berbincang di ruang kerjanya, siang tadi.

Saat ini proses pekerjaan ruas tersebut sudah memasuki tahapan tender bersama sejumlah proyek lain yang bersumber dari DAK. Dia berupaya agar proyek ini segera berjalan dan akses jalan yang mulus bisa dinikmati oleh masyarakat.

Perbaikan jalan ini juga sebagai bentuk dukungan, untuk memperlancar akses ke Proyek Strategis Nasional (PSN). Dimana di wilayah Tanah Kuning-Mangkupadi, akan dibangun kawasan industri hijau terbesar di dunia.

“Kami memang sebelumnya telah mengusulkan ruas Tanah Kuning-Mangkupadi agar mendapat pembiayaan dari DAK dan disetujui. Keinginan kita ruas yang tertangani lebih panjang, namun anggaran yang dialokasikan terbatas,” tambahnya. (*)

  • Bagikan