Program ‘Dokter Terbang’ Tetap Dilanjutkan

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR – Pelayanan kesehatan masyarakat secara merata mulai dari perkotaan hingga perbatasan dan pedalaman masih menjadi atensi khusus dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) hingga saat ini.

Oleh karena itu, berbagai upaya terus dilakukan Pemprov Kaltara untuk mengoptimalkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. Dalam hal ini, tentu diperlukan keterlibatan dari pemerintah pusat untuk memberikan ‘suntikan’ tambahan anggaran sektor kesehatan ke provinsi ke-34 ini.

Gubernur Kaltara, Zainal A Paliwang berharap ada perhatian khusus dari pusat untuk Kaltara mengingat kondisi geografisnya cukup banyak dan sulit diakses. Bahkan ada wilayah yang hanya dapat diakses menggunakan transportasi udara.

“Makanya kita berharap ada dukungan tambahan anggaran dari pusat khusus di bidang pelayanan kesehatan di Kaltara ini,” ujar Zainal.

Khusus dari Pemprov Kaltara, lanjut Zainal, program ‘dokter terbang’ masih akan terus dijalankan setiap tahun supaya pelayanan kesehatan terhadap masyarakat, khususnya di wilayah perbatasan dapat dioptimalkan.

“Seperti yang tidak dapat dijangkau dengan transportasi lain selain transportasi udara, itu kita mohon dukungan dari pusat untuk bisa memberikan bantuan anggaran khusus bidang kesehatan,” tuturnya.

Disinggung ketersediaan dokter spesialis, mantan Wakapolda Kaltara ini menyebutkan jumlah dokter spesialis di Kaltara saat ini sudah cukup banyak. Hanya ada beberapa dokter spesialis yang masih dibutuhkan, salah satunya radiologi.

  • Bagikan