Sinergi Dinas PUPR-Perkim Bersama BWS Kalimantan V, Wujudkan Program Swasembada Pangan

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR — Program Swasembada pangan menjadi salah satu unggulan Gubernur Kaltara, Zainal A Paliwang. Untuk itu Dinas PUPR-Perkim Kaltara, terus berupaya mendukung pembangunan infrastruktur guna menggenjot sektor pertanian. 

Dinas PUPR-Perkim Kaltara bersinergu Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan V Tanjung Selor untuk mewujudkan program tersebut. Mulai dari bantuan benih, hingga pembangunan infrastruktur pertanian di beberapa wilayah menjadi prioritas utama. 

Kepala Dinas PUPR-Perkim Kaltara, Datu Iman Suramenggala melalui Sekretaris Dinas  PUPR-Perkim, Rahmat Wahyullah mengatakan, pihaknya terus menjalin komunikasi dengan berbagai pihak untuk mendukung program prioritas gubernur. Salah satunya dengan BWS, dalam pembangunan sarana pendukung sektor pertanian. 

Kata dia, saat ini kebutuhan dasar petani adalah perbaikan sarana berupa irigasi. Sehingga produktifitas tanaman pangan mereka bisa meningkat, yang tentu akan berimbas pada peningkatan ekonomi serta kemandirian pangan di Bumi Benuanta. 

“Seperti di wilayah SP 8 Tanjung Buka ini, kami telah meminta apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Utamanya bagi petani, karena wilayah ini menjadi salah satu area sentra pertanian,” ungkapnya, saat acara Panen Raya Gerakan Tanam Pangan, Kementerian PUPR di SP8 Tanjung Buka, Sabtu, 25 Februari. 

Untuk kemudahan pemasaran, pihaknya juga sementara memikirkan pembangunan akses penghubung dari Tanjung Buka ke daratan utama di Kab Bulungan. Hasil dari berbagai kebutuhan petani ini pun akan diteruskan langsung ke gubernur, sehingga segera dieksekusi. 

Kepala BWS Kalimantan V Tanjung Selor Suryadarma Hasyim siap mendukung upaya pemprov dalam mewujudkan program swasembada pangan. Salah satunya dengan pembangunan infrastruktur baik irigasi hingga tanggul bagi masyarakat, dalam mendukung pengembangan sektor pertanian. (*) 

  • Bagikan

Exit mobile version