Aplikasi “KUSENTER” Harus Terus Dikembangkan

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR — Aplikasi dasboard KUSENTER (Kalimantan Utara Sekali Enter), mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Inovasi dari Kabid Statistik Dinas Kominfo, Statistik, dan Persandian (DKISP) Kaltara, Jufri S., Hut ini menjadi solusi penyediaan data terpadu yang ada di Bumi Benuanta.

Jufri pun mempresentasikan, inovasi tersebut dihadapan para penguji, di Command Center Lantai V Gedung Gabungan Dinas, Selasa, 11 Juli. Dihadapan Coach DR Rahmat Suparman, MA, Penguji Neni Dwi Winahyu, S.STP,MM, serta Mentor Kepala DKISP Kaltara, Ilham Zain S.,Sos, M,PA, Jufri menjelaskan secara lengkap tentang aplikasi KUSENTER.

“Program KUSENTER memberi kemudahan dalam integrasi organisasi. Ini bisa menjadi penilaian bagi kepala daerah, jika ingin melihat kinerja OPD,” jelas Jufri.

Selain itu, kata dia, KUSENTER bisamenjadi sarana agar masyarakat dapat melihat langsung perkembangan Kaltara. “Seperti pengusaha jika ingin mengakses potensi investasi di Kaltara, cukup mengakses melalui KUSENTER. Jadi betul-betul sangat bermanfaat,” ungkapnya.

Misalnya saja,kata dia, ada data perikanan di wilayah Kaltara. Lewat sistem KUSENTER, semua data yang dibutuhkan tersebut telah tersedia. “Begitupun dengan data di OPD lain. Kami upayakan akan terus melakukan pengembangan, hingga bisa menghadirkan data real time, by name by address,” tambahnya.

Penguji Neni Dwi Winahyu, S.STP,MM mendukung pengembangan aplikasi tersebut. Dia melihat potensi dari sistem yang dihadirkan oleh Pemprov Kaltara, yang dapat memberi kemudahan akses bagi masyarakat. Terutam mereka yang membutuhkan informasi lengkap tentang pengembangan daerah ini.

Apresiasi yang sama juga datang dari Coach DR Rahmat Suparman. “Aplikasi ini bisa menjadi pilot project pengembangan sistem satu data. Kami berharap DKISP terus melakukan pengembangan guna menyajikan data terpadu untuk masyarakat,” tambahnya.

Kepala DKISP Kaltara, Ilham Zain S.,Sos, M,PA memberi suport penuh baik dari sisi program maupun anggaran. “Program ini punya ciri khas tersendiri yang melambangkan Kaltara. Meski sudah banyak program serupa diluar, namun data yang dihadirkan lebih terpadu dan lengkap,” tambahnya.

  • Bagikan

Exit mobile version