Tingkatkan Kualitas, RSDSS Tanjung Selor Gelar Konsultasi Publik Standar Pelayanan Pendaftaran dan Cuci Darah

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR – UPTD Rumah Sakit Daerah dr. H. Soemarno Sosroatmodjo (RSDSS) Tanjung selor, melaksanakan Forum Konsultasi Publik dengan tema Peningkatan Kualitas Pelayanan HD (Hemodialisa / Cuci Darah) dan Pendaftaran Di RSDSS Berdasarkan Standar Pelayanan Yang Partisipatif, Rabu (5/6).

Kasi Hubungan Masyarakat (Humas) dan Hukum RSDSS Tanjung Selor, Prih Muji Darmawan menjelaskan, forum konsultasi publik merupakan kegiatan wajib yang harus dilaksanakan sebelum menyusun standar pelayanan.

Sebelumnya, telah dilaksanakan kegiatan Pra Forum Konsultasi Publik yang memutuskan untuk mensosialisasikan dan membahas dua standar pelayanan terlebih dahulu. Yakni terkait pendaftaran dan cuci darah.

“Sebenarnya ada banyak standar pelayanan, tapi berdasarkan Survei Kepuasan Masyarakat, yang nilainya masih di bawah lainnya itu soal pendaftaran, atau waktu tunggu yang lama,” jelasnya.

“Sementara untuk HD dipilih karena tergolong baru, jadi belum pernah disosialisasikan ke masyarakat mengenai standar pelayanannya,” ujarnya melanjutkan.

Materi standar pelayanan untuk pendaftaran dipaparkan oleh Kepala Bidang Penunjang RSDSS Tanjung Selor, Nanang Hartono. Sementara materi tentang standar pelayanan Hemodialisa dibawakan oleh Kepala Bidang Pelayanan RSDSS Tanjung Selor, dr. Widyawato Agustini.

RSDSS Tanjung Selor telah menghimpun seluruh masukan, saran dan koreksi dari perwakilan unsur publik yang diundang. Hal tersebut diyakini bisa membantu meningkatkan mutu dan kualitas standar pelayanan.

“Kami memang berharap ada masukan dari masyarakat, sehingga standar pelayanan yang kami susun bersifat partisipatif, atau melibatkan unsur publik,” jelasnya.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bulungan, drg. Ida Bagus Sidharahardja memaparkan, keterlibatan publik sangat penting dalam setiap perencanaan program dan kegiatan unsur pemerintah daerah.

“Saya mengapresiasi kegiatan ini, keterlibatan publik bertujuan untuk meningkatkan pelayanan di rumah sakit, karena ada partisipasi langsung dari masyarakat dan unsur unsur lainnya,” jelasnya.

Ida Bagus berharap RSDSS Tanjung Selor senantiasa meningkatkan mutu kualitas pelayanan, termasuk menghadirkan beragam inovasi yang berorientasi pada peningkatan pelayanan dan kepuasan masyarakat.

“Selalu tingkatkan mutu dan kualitas, selalu berinovasi tiada henti, setiap jenjang dan segmen pelayanan perlu punya inovasi tersendiri,” ujarnya.

Alur Pendaftaran Pasien Baru di RSDSS Tanjung Selor (BPJS)

  1. Pasien Menunjukkan Rujukan (No. Kartu / KTP )
  2. Daftar admisi dan rekam sidik jari untuk penerbitan SEP untuk Pasien yang menggunakan Jaminan BPJS
  3. Admisi melakukan penerbitan SEP dan perekaman sidik jari
  4. Pasien Diarahkan Menuju Poliklinik Tujuan untuk dilakukan Pemeriksaan di poli tujuan.
  5. Setelah Pemeriksaan Pasien mengambil obat pada apotik (farmasi).

Alur Pendaftaran Pasien Baru di RSDSS Tanjung Selor (Umum)

  1. Pasien Identitas KTP
  2. Admisi melakukan penginputan data pesien sesuai poliklinik tujuan
  3. Pasien Diarahkan Menuju Loket Pembayaran Kasir (registrasi Awal masuk Poli)
  4. Pasien Diarahkan Menuju Poliklinik Tujuan untuk dilakukan Pemeriksaan di poli tujuan
  5. Setelah Pemeriksaan Pasien mengambil obat pada apotik (farmasi)
  6. Pasien Diarahkan Menuju Loket Pembayaran Kasir (Pembayaran Obat & Tindakan hasil Pemeriksaan)

Alur Pendaftaran Pasien Lama di RSDSS Tanjung Selor (BPJS)

  1. Pasien Menunjukkan No.Peserta Rujukan / KTP
  2. Perekaman sidik jari dan penerbitan SEP
  3. Pasien Diarahkan Ke Poliklinik Tujuan

Alur Pendaftaran Pasien Lama di RSDSS Tanjung Selor (Umum)

  1. Pasien Menunjukkan No.Peserta Rujukan / KTP
  2. Penginputan data pasien ke SIMRS
  3. Pasien Diarahkan ke kasir (Loket Pembayaran)
  4. Pasien menuju Poliklinik Tujuan
  5. Pasien Diarahkan ke poliklinik Tujuan

Alur Pelayanan Unit Hemodialisa RSDSS Tanjung Selor

Pasien lama :

  1. Pasien datang sesuai dengan jadwal dan jam pelayanan ke TP3 (tempat Pendaftaran Pertama Pasien)
  2. Pasein dapat SEP, masuk ke ruangan HD, pemeriksaan dan pelayanan HD 5 jam, terminasi, kondisi aman boleh pulang, dan adatang lagi sesuai jadwal HD berikutnya bila Hb rendah dll Ranap.

Pasien Baru / Cito :

  1. Dari IGD atau Ranap Koodinasi jaawal kosong (malam)
  2. KU memungkinkan pasang akses, pelayanan HD 5 jam, selesai kembali ke ruangan atau rujuk untuk akses permanen dan konsul KGH, dan masuk dalam daftar tunggu

Biaya/Tarif

  1. Peserta BPJS : Gratis
  2. Umum : Sesuai Perda N0 17 Tahun 2023 Tentang Pajak Dan Restribusi Daerah

Sumber : Materi Forum Konsultasi Publik 5 Juni 2024.

  • Bagikan

Exit mobile version