BKD Kaltara Tekankan ASN Aplikasikan Sistem Merit Berkualitas

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR — Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kaltara terus berupaya meningkatkan pelayanan kepegawaian. Apalagi sudah ada apresiasi dari pemerintah pusat, atas kinerja layanan tersebut. 

Sukses meraih piagam penghargaan dari Kantor Regional (Kanreg) VIII Badan Kepegawaian Nasional (BKN), Badan Kepegeawain Daerah (BKD) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) optimis dapat meningkatkan  pelayanan publik Pemerintahan melalui Sumber Daya Manusia (SDM) Pemprov Kaltara.

Menurut Plt. Kepala BKD Provinsi Kaltara Andi Amriampa, kualitas pelayanan publik tidak hanya didukung dengan fasilitas pendukung yang mumpuni saja tapi juga harus disertakan dengan kemampuan individual SDM yang mumpuni juga dalam menciptakan pelayana yanh baik kepada masyarakat.

“Penghargaan itu akan menjadi acuan kita bersama dalam berbenah dan kita optimis, pelayanan publik kita yang sudah masuk kategori baik. Akan semakin baik lagi seiring dengan peningkatan kualitas SDM Pemerintah,”  jelasnya.  

Sebagai instansi pemerintah, BKD berkomitmen dalam pengembangan kompetensi berbasis sistem terintegrasi SIASN. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya ASN Pemprov Kaltara yang mengikuti program dari BKN.

“Buktinya secara Nasional, ASN kitalah yang paling banyak mengikuti program BKN sehingga kita dianggap serius oleh Pusat terkait pengrmbangan SDM ini,” ujarnya.

Ia menambahkan didorongnya SDM Pemprov Kaltara untuk meningkatkan kompetensi sebagai SDM bertujuan untuk penerapan manajemen talenta guna mendukung terlaksananya sistem Merit Pemprov Kaltara.

Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara Pasal 1, sistem Merit didefinisikan sebagai kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja, yang diberlakukan secara adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi.

“Merit sistem ini dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan produktivitas, menurunkan biaya produksi dan meningkatkan pendapatan,” jelasnya.

“Oleh karena itu pengembangan SDM yang kita lakukan ialah untuk mengaplikasikan SDM dalam manajemin Merit ini dan kita terus berupaya melakukan yang terbaik. Agar kepuasan dari pelayanan publik terhadap Pemerintah juga bertambah baik,” pungkasnya.(*) 

  • Bagikan

Exit mobile version