Pemuda Katolik Gelar Mapenta yang dirangkai Pelatihan Jurnalistik

  • Bagikan

FAJAR, TARAKAN —  Pemuda Katolik Komisariat Cabang Tarakan menyelenggarakan Masa Penerimaan Anggota (Mapenta) yang merupakan kegiatan pengkaderan pertama sebagai syarat awal untuk bergabung dalam organisasi kemasyarakatan Pemuda Katolik. 

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan Pemuda Katotik sebagai organisasi kader yang mempersiapkan para kadernya terjun dan memberikan kontribusi dalam kehidupan menggereja, sosial politik dan kemasyarakatan.

Kegiatan ini dirangkaikan juga dengan pelatihan jurnalistik yang bertujuan untuk memberikan kompetensi bagi para kader dalam hal jurnalistik dan pengelolaan media. Arnoldus Payong menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan ini mengatakan, “Saat ini jurnalistik menjadi salah satu kompetensi yang sebaiknya dimiliki oleh anak muda kita. oleh karena itu, kegiatan pelatihan ini memang tepat dijadikan sebagai bekal bagi para kader Pemuda Katolik”. Terang Arnold yang juga merupakan salah satu jurnalis senior di Kota Tarakan tersebut.

Dalam kegiatan ini PJ Walikota Tarakan yang diwakili oleh Staf Ahli Walikota Tarakan, Ibu Syahrintan, S. Pi menyampaikan ucapan selamat dan memberikan apresiasi atas penyelenggaraan mapenta dan pelatihan jurnalistik ini. Ia menambahkan, Di era sekarang keterampilan menulis adalah kompetensi yang sangat penting untuk dikuasai oleh kaum muda. Pemikiran- pemikiran hebat perlu dituangkan dalam bentuk tulisan. Sambungnya. 

Kegiatan ini dibuka oleh Gubernur Kalimantan Utara yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, Ir. Yosua Batara Payangan, S. T., M. Si. Ia menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh Pemuda Katolik. Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara selalu mendukung semua kegiatan yang bertujuan untuk membangun pemuda. 

Ini Kegiatan positif yang tentunya memberikan dampak yang positif bagi pengembangan kaum muda kedepannya. Organisasi sebagai wadah kaum muda untuk mengaktualisasikan diri. Sebagai tempat menempa diri untuk terjun ke masyarakat. Lebih lanjut ia menyampaikan pentingnya membangun sinergi lintas kepemudaan untuk membangun jaringan dan mempererat silaturahmi.

Ketua Pemuda Katolik, Fransiskus Jefri menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dan mendukung terlaksananya kegiatan mapenta dan pelatihan jurnalistik ini. Selamat bergabung dan berproses bersama menjadi kader yang berdaya guna bagi gereja dan Negara seperti semboyan Pemuda Katolik Pro Ecclesia et Patria, ucapnya kepada para kader yang mengikuti kegiatan Mapenta.

Turut hadir juga dalam kegiatan ini organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan lainnya, seperti Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI), GAMKI, GMKI, dan Penyelenggara Kristen Kementerian Agama Kota Tarakan.

  • Bagikan

Exit mobile version