Listrik Gratis, 1.000 Keluarga di Kaltara Kini Nikmati Terang

  • Bagikan

FAJAR, TARAKAN – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Dr. H. Zainal A. Paliwang, S.H., M.Hum., dengan wajah penuh kebahagiaan mendatangi salah satu penerima manfaat Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) di Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Tarakan Barat, Jumat (13/6). Kali ini, sambungan listrik gratis diberikan kepada Pak Dadang, salah satu warga yang kini bisa menikmati fasilitas listrik yang selama ini tak pernah ia rasakan.

Dengan penuh haru, Pak Dadang mengucapkan terima kasih, “Terima kasih banyak Pak atas bantuan pasang gratis, semoga ke depannya akan ada lagi bantuan berikutnya,” kata Pak Dadang dengan nada bergetar dan penuh haru saat Gubernur menyalakan listrik perdana secara simbolis di rumahnya.

Gubernur Zainal menyampaikan bahwa pada tahun 2024, Program BPBL telah berhasil menyentuh 1.000 Kepala Keluarga (KK) di seluruh wilayah Kaltara, termasuk 326 KK di Kota Tarakan.

“Sebanyak 1.000 Kepala Keluarga di seluruh Kalimantan Utara, dan di Tarakan ada 326 Kepala Keluarga yang mendapatkan listrik gratis,” ungkap Zainal.

Program ini, kata Zainal, merupakan upaya pemerintah untuk membantu masyarakat yang selama bertahun-tahun hidup tanpa akses listrik. Ia menegaskan, program serupa akan terus berlanjut di tahun-tahun mendatang.

“Insyaallah, tahun depan kita targetkan 900 hingga 1.000 KK lagi, tergantung anggaran yang tersedia. Kalau memungkinkan, bisa lebih dari 1.000 KK,” jelasnya.

Gubernur Zainal juga menyoroti bahwa sebagai provinsi yang masih muda, Kaltara masih menghadapi tantangan besar dalam hal kelistrikan. Ribuan KK masih belum bisa menikmati aliran listrik hingga saat ini.

Lebih dari sekadar penerangan, Zainal berharap program ini mampu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, serta mendukung program pemerintah seperti pengentasan kemiskinan dan penurunan angka stunting.

“Sejak saya menjadi Gubernur, kita lakukan ini bertahap, membantu warga yang kurang mampu agar bisa merasakan manfaat listrik,” pungkas Zainal.(*)

  • Bagikan

Exit mobile version