Jadi Magnet Baru Tujuan Wisata, Jumbara PMR Tingkat Provinsi Digelar di Kebun Raya Bundayati

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR – Kabupaten Bulungan menjadi tuan rumah pelaksanaan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) Tingkat Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) ke-II tahun 2024 dengan tema “Cerdas, Kreatif dan Responsif” yang digelar di Kebun Raya Bundayati, Jumat (14/9/2024).

Pembukaan acara ditandai dengan pemukulan gong sebanyak 3 kali oleh Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd., M.Si., selaku tuan rumah, Ketua PMI Kaltara, Ir. H. Syaiful Herman,M.AP., Ketua DPRD Bulungan, Riyanto, Sekda Bulungan yang juga Sekertaris PMI Kaltara, Risdianto, S.Pi., M.Si., unsur Forkopimda, TNI, Polri serta perwakilan Ketua PMI se-Kalimantan Utara.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Syarwani mengucapkan terimakasih atas kepercayaan memilih Kabupaten Bulungan sebagai tuan rumah pelaksanaan Jumbara PMR ke II Tingkat Provinsi Kaltara tahun 2024.

“Kita berterimakasih pada PMI Provinsi Kaltara telah memberi kepercayaan Kabupaten Bulungan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Jumbara kedua tahun 2024,”ungkapnya.

Menurutnya, meski belum sepenuhnya tuntas pengerjaan lapangan terbuka dalam Kebun Raya Bundayati sudah dapat dipergukan untuk pertama kalinya menggelar event setingkat provinsi.
Bahkan selain Jumbara PMR tingkat provinsi, pada tanggal 20 hingga 24 September 2024 mendatang juga akan digelar Festival Musik Alam dan Benuanta Fest yang masuk dalam 100 Kharisma Event Nusantara Kementerian Pariwisata 2024 dalam Kebun Raya yang mengusung konsep pariwisata, edukasi dan konservasi tersebut.

“Kegiatan Jumbara ini yang pertama kali menggunakan lapangan terbuka Bundayati. Kedepan kawasan ini bukan hanya dapat digunakan untuk event setingkat kabupaten, provinsi bahkan sekelas nasional dapat dilaksanakan disini,”terangnya.

Meski sejauh ini proses pengerjaan dan penataan kawasan Kebun Raya Bundayati yang memiliki luas lebih dari 80 hektar tersebut, terus berjalan sesuai dengan master plan yang dirancang bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) beberapa titik sudah bisa digunakan untuk menggelar berbagai kegiatan besar.
“Alhamdulillah pelan-pelan seiring proses pembangunan yang terus berjalan, kita bisa manfaatkan untuk berbagai kegiatan,”ulasnya.

Menurutnya, berbagai kegiatan besar yang digelar dalam Kebun Raya Bundayati juga dapat meningkatkan promosi wisata dan mendorong masyarakat dari luar untuk datang ke Kabupaten Bulungan.

“Hadirnya Kebun Raya Bundayati yang dapat digunakan untuk berbagai event skala besar. Menjadi magnet baru kunjungan wisata ke Kabupaten Bulungan,”katanya.

Tak lupa bupati berpesan pada seluruh peserta Jumbara PMR Ke II Tingkat Provinsi Kaltara tahun 2024 yang berjumlah tidak kurang dari 550 orang. Untuk tetap menjaga kesehatan, kebersamaan serta kekompakan dalam mengikuti semua rangkaian kegiatan.

“Untuk jajaran pengurus teman-teman pembina PMR Bulungan, untuk terus membimbing dan menjaga adek-adek kita selama mengikuti kegiatan Jumbara PMR kedua tingkat Provinsi Kaltara tahun 2024,”pungkasnya (***)

  • Bagikan

Exit mobile version