Resmikan Arkomatif Tanjung Palas Utara, Bupati: Jadikan Tempat Pemersatu dan Pemberdayaan Masyarakat

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG PALAS – Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si menghadiri launching Area Komunitas Masyarakat Kreatif (Arkomatif) di Alun-alun Desa Panca Agung, Kecamatan Tanjung Palas Utara beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan tersebut, bupati berharap, Arkomatif dapat menjadi wadah pemersatu seluruh masyarakat tanpa membedakan suku, agama dan menjadi ruang untuk pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“ Area ini kita jadikan alat pemersatu masyarakat, yang ada di Tanjung Palas Utara tanpa membedakan apa suku dan agamanya. Silahkan dimanfaatkan kawasan ini untuk aktivitas budaya maupun ekonomi masyarakat,”ungkapnya.

Menurutnya, keberadaan Arkomatif menjadi ruang warga masyarakat Tanjung Palas Utara untuk senantiasa menjaga kearifan lokalnya. Termasuk menjadikan kawasan ini tempat berkumpulnya UMKM produktif dan ruang kreativitas anak-anak mengasah bakat mereka.

“Kawasan ini masih butuh penanganan dan intervensi pemerintah. Sehingga Insya Allah tahun 2025 akan dilakukan penataan dan penyempurnaan melalui APBD Bulungan, agar jauh lebih baik dan memberi manfaat untuk masyarakat Tanjung Palas Utara,”jelasnya.

Sehingga, bupati meminta dukungan pihak kecamatan dan desa agar kawasan tersebut dapat diintervensi peningkatan berbagai fasilitasnya menggunakan APBD Bulungan tahun 2025.

“Tahun depan Insya Allah, kita intervensi agar lebih lebih layak untuk menjadi tempat berkumpul dan ruang kreativitas masyarakat,”ulasnya.
Menurutnya, sejauh ini baru Kecamatan Tanjung Palas Utara yang memiliki Arkomatif. Sehingga nantinya dapat diimplementasikan di kecamatan lain yang ada di Kabupaten Bulungan.

“Baru Kecamatan Tanjung Palas Utara yang memiliki kawasan seperti ini. Kita patut bangga dan syukuri, semoga kecamatan lain dapat meniru keberadaan Arkomatif ini,”harapnya.

Dalam sambutanya, bupati juga menyampaikan perhatianya kepada para guru dan tenaga pendidik yang ada di Kabupaten Bulungan. Khususnya para guru Taman Kanak-Kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

“Untuk guru SD dan P3K saya rasa sudah aman besaran insentifnya. Menjadi agenda tahun 2025 mendatang kita naikan insentif para guru TK dan PAUD yang ada di Bulungan,”terangnya.

Dikatakan bupati, upaya Pemda Bulungan menaikan insetif para guru TK dan PAUD di Bulungan. Sebagai upaya memacu semangat para guru dalam meletakan dasar pendidikan bagi anak-anak diusia dini, sebelum mengenyam pendidikan selanjutnya.

“Peran guru TK dan PAUD sangat penting dalam mendidik anak kita sejak dini, meletakan dasar pendidikan sebelum masuk jenjang pendidikan berikutnya,”tuntasnya (**)

  • Bagikan

Exit mobile version