Gerak Cepat Atasi Kebakaran Lahan di Bulungan 

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR — Gubernur Kaltara, Zainal A Paliwang bergerak cepat mengatasi masalah kebakaran lahan pada sejumlah titik di Kabupaten Bulungan. 

Diapun sudah memerintahkan tim untuk turun langsung melakukan pemadaman. Baik tim rescue, BPBD, hingga tim kehutanan, berjibaku memamkan api. 

“Kami bersama tim  rescue bersama tim kehutanan sudah melakukan pemadaman terhadap lokasi lahan yang terbakar,” jelas Zainal saat ditemui di Kantor Gabungan Dinas Pemprov Kaltara, siang tadi. 

Pihaknya pun sementara menyediki apakah memang insiden tersebut adalah kebakaran atau ada yang sengaja membakar. “ Kita lihat apakah memang kebakaran atau dibakar. Kalau dibakar kita akan proses hukum,” tambahnya. 

Zainal juga berpesan, di tengah cuaca panas beberapa hari terakhir, masyarakat tak asal membakar sampah. Jika ada aktivitas membakar, harus diawasi hingga apinya padam. 

Dia tak ingin, hal tersebut justru memicu bencana kebakaran nantinya. “Saya harap masyarakat bisa mentaati anjuran pemerintah, untuk tidak membakar sampah di sembarangan tempat,” tambahnya. 

Plt Kepala BPBD Kaltara Nur Ansar mengatakan, sesuai arahan gubernur Kaltara, pihaknya sudah menurunkan tim untuk membantu BPBD Bulungan dalam melakukan pemadaman.

BPBD pun terus berkoordinasi dengan petugas terkait upaya penanganan dan pencegahan di lapangan. 

“Salah satu lokasi titik kebakaran ada di Tanah Kuning. Tim sementara bekerja di lapangan, melakukan pemadaman. Mudah-mudahan bisa segera teratasi,” jelasnya. 

  • Bagikan

Exit mobile version