HUT ke-12 Kaltara Sebagai Tonggak Kemajuan dan Kolaborasi

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR – Dalam suasana penuh syukur dan semangat kebersamaan, hari ini Provinsi Termuda di Indonesia yaitu Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-12 pada tanggal 25 Oktober 2024.

Pada momen spesial tersebut Pjs. Gubernur Kaltara, Togap Simangunsong mengenakan pakaian kebesaran Kesultanan Bulungan bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada Upacara Peringatan HUT ke-12 digelar dilapangan agathis, Jumat (25/10).

Dalam amanatnya, Pjs. Gubernur Togap menyampaikan provinsi Kaltara telah mencapai berbagai banyak kemajuan dalam 12 tahun terakhir, berkat kerja sama dan kolaborasi seluruh elemen masyarakat dan pemerintah.

“Dengan tema Kaltara Maju, Benuanta Sejahtera, mencerminkan tujuan kita bersama untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan mencapai kesejahteraan yang berkelanjutan,” kata Pjs. Gubernur Togap.

Bergerak maju tidak dapat dilakukan pemerintah seorang diri, tapi hanya dapat dilaksanakan bersama – sama dibalut sinergisitas dengan kekompakkan oleh pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, serta seluruh lapisan masyarakat.

“Pemerintah harus dapat melibatkan masyarakat dalam menentukan arah pembangunan, demikian masyarakat tidak hanya menjadi obyek atau sasaran pembangunan namun harus dapat berpartisipasi aktif dalam pembangunan,” ujarnya.

Buah kolaborasi tersebut, kata Pjs. Gubernur Togap menghasilkan sejumlah pencapaian membanggakan yang diraih Kaltara, seperti peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dari 71,83 pada tahun 2022 menjadi 72,28 pada tahun 2023.

Kemudian di sektor ekonomi, Kaltara bahkan mencatat pertumbuhan ekonomi positif sebesar 4,60% pada triwulan kedua tahun 2024, sejalan dengan itu tingkat inflasi berhasil ditekan hingga 1,74%.

Selain itu, Pjs. Gubernur Togap mengimbau seluruh masyarakat mendukung suksesnya pesta demokrasi ini dengan menjunjung tinggi semangat damai dan persaudaraan, dalam ranka menyukseskan Pilkada Serentak 27 November 2024.

“Saya berharap seluruh warga dapat ikut serta dalam proses ini dengan penuh tanggung jawab, sehingga kita dapat melaksanakan Pilkada yang aman, damai, dan berintegritas,” tegasnya.

Dengan semangat sinergi dan kolaborasi yang baik, Provinsi Kaltara optimis akan melangkah maju ke masa depan yang lebih cerah, siap menghadapi tantangan dalam mencapai kesejahteraan bagi seluruh masyarakatnya.

“Saya mengucapkan Dirgahayu ke 12 Provinsi Kalimantan Utara mari kita dukung dan sukseskan pembangunan Kaltara, semoga dapat semakin maju dalam segala aspek mewujudkan cita – cita luhur Kaltara, semakin maju dan semakin sejahtera,” tuntasnya.(*)

  • Bagikan

Exit mobile version