FAJAR, TANJUNG SELOR – Ketua Tim Pembina Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Kalimantan Utara (Kaltara), Hj. Rahmawati Zainal, S.H., menegaskan pentingnya keberadaan Posyandu di tengah masyarakat.
Hal tersebut disampaikan Rahmawati saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pembina Posyandu Kaltara, berlangsung di Ruang Rapat Lantai 1 Gedung Gadis 2, Rabu (04/06/2025).
Dalam arahannya, Rahmawati didampingi Sekretaris Tim Pembina Posyandu Kaltara, Kornie Serliany Ingkong Ala, S.T, mengatakan Posyandu memiliki tugas membantu desa dan kelurahan untuk melakukan pemberdayaan masyarakat, turut serta dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan.
“Bahwa ini adalah amanah yang diberikan untuk memajukan Posyandu di Kaltara. Saya ingin Posyandu kita yang terdepan, memberikan suatu hasil yang signifikan sehingga tidak minder karena ada sesuatu yang bisa diandalkan,” ucap Rahmawati.
Untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat di desa / kelurahan, terangnya terdapat 6 (enam) Bidang Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang terdiri yakni pertama pendidikan; kedua kesehatan.
Lalu, ketiga pekerjaan umum; keempat perumahan rakyat; kelima ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat dan keenam sosial.
Rahmawati menegaskan bahwa Posyandu tidak hanya memberikan pelayanan kesehatan semata, namun juga pelayanan lain untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat Kaltara.
“Tim Pembina Posyandu Kaltara adalah mitra kerja pemerintah dan organisasi, lembaga kemasyarakatan yang berfungsi sebagai fasilitator, perencana, pelaksana dan pembina pada masing – masing jenjang bagi pengguna Posyandu,” pungkasnya.
Turut hadir dalam rakor tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kaltara, Edy Suharto, S.Sos., M.T., Kepala Bapedda Litbang Kaltara, Bertius, S.Hut, dan seluruh jajaran OPD lingkup Pemprov Kaltara.