Siap-siap, Gubernur Kaltara Segera Lakukan Mutasi Pejabat Eselon II, Ketua TGUPP : Bisa Saja Ada Demosi

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR — Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang segera akan melalukan mutasi bagi pejabag eselon II dalam waktu dekat ini. Mutasi tersebut merupakan hasil job fit yang dilakukan pada Kamis, 15 Desember lalu.

Kepada FAJAR, Zainal mengatakan, setelah pelantikan yang dilakukan hari ini, dia akan segera melantik pejabat eselon II yang merupakan hasil job fit. “Setelag pelantikan ini (fungsional) kita baru akan melantik hasil job fit. Insyallah berdoa aja,” ungkapnya saat ditemui di Gedung Gabungan Dinas, Kamis, 26 Januari.

Saat ini, lanjut Gubernur, surat rekomendasi untuk pelaksanaan pelantikan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sudah keluar dan diterima oleh pihaknya. Artinya tinggal persiapan pelaksanaan pelantikan saja.

Ketua TGUPP Kaltara yang juga Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Job Fit PPT Pratama, Bastian Lubis mengatakan, pada proses job fit beberapa waktu lalu, pihaknya lebih melihat pada kesesuaian kemampuan dengan posisi yang dijabat saat ini. Apakah sudah cocok atau harus ditempatkan ke posisi yang baru.

Selain itu ada evaluasi yang dilakukan berkaitan dengan kinerja selama pejabat tersebut menyemban posisinya. Seperti capaian serapan anggaran, kinerja, jingga inovasi dan pencapaian program strategis selama menjabat.

“Inilah yang menjadi poin penting. Gubernur harus berani memberikan sanksi bagi pejabat yang memang tak berkinerja baik. Bisa saja ada yang diturunkan jabatannya dari eselon II ke eselon III. Kita tunggu saja hasil job fit dari pak gubernur,” tambahnya.

Sekprov Kaltara, Suriansyah menambahkan, karena arahan dari Gubernur akan ada pelantikan untuk pejabat JPT Pratama yang mengikuti job fit beberapa waktu lalu, maka pihaknya dari sekretariat akan mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan. “Tapi untuk pelaksanaannya, kita akan tetap menyesuaikan dengan arahan beliau (Gubernur, Red),” tuturnya.

Beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum dilakukan pelantikan tersebut adalah surat keputusan (SK) penetapan hasil job fit, surat undangan serta tempat yang akan digunakan untuk pelantikan nantinya. “Jadi segala sesuatunya akan disiapkan semua dari panitia,” sebutnya.

Dalam hal ini, hasil job fit pertama yang diikuti tiga pejabat eselon II dan job fit kedua yang diikuti 19 pejabat eselon II akan dilantik secara bersamaan. Karena akan lebih efisien kalau dilakukan satu kali pelantikan semuanya.(*)

  • Bagikan