Tiga Ruas Jalan Provinsi Dibiayai DAK

  • Bagikan
Ruas Tana Kuning-Mangkupadi yang telah dikerjakan Pemprov Kaltara. Dinas PUPR-Perkim, kembali melanjutkan pengaspalan di jalan tersebut.

FAJAR, TANJUNG SELOR — Ada tiga ruas jalan milik Pemprov Kaltara yang mendapat pembiayaan dari Dana Alokasi Khusus. Lokasinya ada di Bulungan, Malinau, dan Nunukan.

Kepala Dinas PUPR-Perkim Kaltara, Datu Iman Suramenggala, melalui Kepala Bidang Bina Marga, Erni mengatakan, khusus di Bulungan, perbaikan jalan yang dibiayai dari DAK yakni ruas Tanah-Kuning Mangkupadi dengan anggaran Rp22,4 miliar.

Kemudian ada ruas jalan ring road Kab Malinau dengan anggaran Rp17,1 miliar. Lalu ada ruas jalan lingkar di Pulau Nunukan, dengan anggaran pekerjaan mencapai Rp26,4 miliar. “Jadi total ada Rp65 miliar DAK khusus untuk perbaikan jalan,” bebernya kepada FAJAR, Rabu, 8 Februari.

Menurutnya, jumlah DAK yang didapatkan pemprov untuk pekerjaan jalan tahun ini mengalami peningkatan. Dimana pada 2022 lalu, pihaknya hanya kebagian DAK Rp20 miliar lebih saja. Tetapi tahun ini naik tiga kali lipat.

Saat ini, kata dia, proses tender untuk ketiga proyek tersebut masih berjalan. Pihaknya berupaya mengebut pekerjaan, sehingga manfaatnya bisa segera dinikmati oleh masyarakat. “Untuk proyek DAK memang lebih cepat, tender diupayakan rampung Februari ini,” jelasnya.

Khusus ruas Tanah Kuning-Mangkupadi, dengn anggaran Rp22 miliar lebih, dari peningkatan jalan sepanjang 2,67 km dan pemeliharaan rutin sepanjang 7 km.

Kemudian untuk ruas ring road di Kab Malinau, untuk peningkatan jalan Rp4,1 kilometer. Sedangkan jalur lingkar Pulau Nunukan akan dikerjakan dengan panjang 2,9 kilometer. (*)

  • Bagikan