Realisasi Investasi Tarakan Capai Rp5 T

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR — Capaian investasi yang meningkat drastis pada 2022 lalu menjadi kinerja nyata Wali Kota Tarakan, dr Khairul. Bahkan totalnya melampaui kabupaten/kota lain di Kaltara. 

Wali Kota Tarakan, dr Khairul M, Kes mengatakan, realisasi investasi Kota Tarakan pada 2022 lalu mencapai Rp5,082 triliun. Jumlah tersebut didominasi oleh Penanaman Modal Asing (PMA) sebanyak 89 persen. 

Sementara sisanya yakni 11 persen merupakan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN). “Untuk pertama kalinya realisasi investasi Tarakan tertinggi di wilayah Kaltara,” ungkap Khairul. 

Realisasi tahun 2022, kata dia, juga mengalami peningkatan pesat. Yakni meningkat mencapai 785 persen dari tahun 2021 yang hanya Rp574 miliar.

Tahun ini pihaknya pun memproyeksikan target investasi bisa terus meningkat. Dengan berbagai kemudahan perizinan, guna merangsang minat investor masuk ke Tarakan.

Sektor terbesar ada di industri kertas dan percetakan, transportasi gudang dan telekomunikasi, industri kayu, pertambangan, perdagangan serta reparasi. (*) 

  • Bagikan