Kemenkominfo dan GNLD Membangun Generasi Emas Era Digital di Kabupaten Mempawah

  • Bagikan

FAJAR, JAKARTA – Dalam rangka kampanye Gerakan Nasional Literasi Digital di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menyelenggarakan Workshop Literasi Digital secara Virtual di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat. Dengan mengangkat topik “Membangun Generasi Emas Era Digital di Kabupaten Mempawah”.

Workshop ini sebagai bentuk peran aktif Kemenkominfo agar secara bijak menggunakan internet, untuk membentuk generasi Literasi Digital di masyarakat dapat Kabupaten Mempawah yang memiliki karakter, berkualitas dan memiliki memiliki daya saing tinggi.

Kegiatan tersebut dihadiri lebih dari 600an peserta yang terdiri dari Peserta Didik SMP & SMA Kab. Mempawah, Kalimantan Barat.

Menghadirkan 3 Narasumber yang berkompeten di bidangnya, salah satu narasumbernya adalah Cipta Canggih Perdana, dengan materi cakap digital mengatakan alasan kenapa perlu memiliki kecakapan digital. 

”Untuk dapat Mengoptimalkan pemanfaatan teknologi untuk sumber pembelajaran dan Menjadi lebih produktif. Adik2 bisa jadi lebih produktif, bukan hanya di dunia nyata tapi juga di dunia maya. Bagaimana caranya supaya adik2 sebagai generasi emas sehingga dapat membawa perubahan di masa depan” bebernya.  

Cipta Canggih Perdana, S.E., M.M menyebutkan ketika seseorang telah memiliki kecakapan digital, teman2 bisa lebih siap untuk masa depan. Selanjutnya narasumber kedua Dr. Citra Rosalyn Anwar. dengan materinya Etika Digital 

“Bukan hanya wajah yang harus glowing-Profil di internet pun harus glowing” Pastikan, wajah digital kita menunjukkan prestasi2 yang baik. Persoalannya, semakin banyak kita di internet, semakin banyak hal2 yang harus kita perhatikan, Ada apa saja di internet? Ada kejahatan, ada cyberbullying, ada ditipu.

“Dan narasumber yang terakhir Sartika S Wardanhi dengan materi Budaya Digital menjelaskan bahwa “melalui penguatan nilai2 budaya dan Pancasila berbasis kearifan lokal, maka diharapkan menjadi modal untuk mencapai terwujudnya generasi emas yang makin cakap digital, mandiri, kreatif-inovatif, memiliki daya saing dan daya juang, serta generasi yang kompeten.” tambahnya.  

Kegiatan Literasi di Sektor Pendidikan merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) untuk memberikan literasi digital kepada 50 juta orang masyarakat Indonesia hingga tahun 2024.

Adapun informasi lebih lanjut mengenai kegiatan dan info literasi digital dapat diakses melalui media sosial Instagram @literaasidigitalkominfo, Facebook Fan Page dan Kanal Youtube Literasi Digital Kominfo serta website info.literasidigita.id.

  • Bagikan