DLH Kaltara Upayakan Sertifikasi Laboratorium Lingkungan Hidup Rampung 2024

  • Bagikan
Plt Kadis DLH Kaltara, Dr Rahmat Wahyullah

FAJAR, TANJUNG SELOR — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kaltara, mengupayakan sertifikasi laboratorium  segera rampung, pada 2024 ini. Ada banyak benefit yang diperoleh Pemprov Kaltara, jika lab tersebut beroperasi optimal. 

Plt Kepala DLH Kaltara, Dr Rahmat Wahyullah mengatakan operasional laboratorium baru di KBM sudah berjalan. Beberapa pengujian bahkan sudah bisa dilakukan dengan tim yang profesional dan peralatan lengkap. 

“Mulai dari pengujian kualitas air, kualitas udara, hingga beberapa pengujian lain. Kami Semarang sedang mengejar sertifikasi laboratorium, sehingga pengujian lain utamanya untuk limbah industri sudai bisa dilakukan melalui Lab di Kaltara,” jelasnya, Senin, 4 Maret. 

Rahmat menjelaskan, jika laboratorium Lingkungan Hidup di Kaltara merupakan salah satu lab dengan fasilitas yang lengkap. Baik dari segi peralatan hingga ketersediaan SDM yang mumpuni dan kompeten. 

Pihaknya pun sudah mendapat dukungan KLHK, untuk kemudahan proses sertifikasi. Dia meyakini ada potensi besar jika lab tersebut sudah punya sertifikasi uji. Terutama potensi PAD dengan banyaknya perusahaan baru yang masuk ke Kaltara. 

“Semua pengujian lab dari berbagai perusahaan bisa kita lakukan. Artifnya pemanfaatan fasilitas lab pemerintah kian optimal dan bisa mendongkrak Pendapatan daerah,” tambahnya. (*) 

  • Bagikan