Pesawat Garuda Pengangkut Jemaah Haji Kloter V Embarkasi Makassar Mendarat Darurat, Ini Kronologinya

  • Bagikan

FAJAR, MAKASSAR — Pesawat Garuda Indonesia dengan kode penerbangan GIA 1105, yang mengangkut 450 jemaah haji asal Gowa, harus melakukan Return to Base (RTB) ke Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Menurut informasi yang didapatkan fajar.co.id, para jemaah haji tersebut tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 5 Embarkasi Makassar.

Pesawat Garuda tersebut kembali ke Bandara Internasional Sultan Hasanuddin diduga akibat adanya kerusakan pada salah satu mesin.

Insiden ini pertama kali diketahui publik melalui media sosial. Akun Laode M Amin mengunggah informasi mengenai pesawat berwarna biru dan putih yang terlihat mengeluarkan asap.

Para jemaah haji yang berada di pesawat mengalami ketegangan akibat kejadian tersebut. Beruntungnya, seluruh penumpang berhasil kembali ke bandara dengan selamat.

“Barusan Hari Ini jam 15.40 Wita terlihat pesawat take off dari Bandara Hasanuddin mesin kanan terbakar dan mengeluarkan asap. Pesawat warna biru putih semoga tidak terjadi apa-apa. Aamiin,” tulis Amin.

Sementara itu, Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura I Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Taufan Yudhistira saat dikonfirmasi membenarkan adanya peristiwa tersebut.

Diceritakan Taufan, terdapat penerbangan yang mendarat kembali di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar karena mengalami kendala teknis.

“Penerbangan tersebut merupakan penerbangan haji kloter lima yang dilayani oleh Garuda Indonesia,” ujar Taufan kepada fajar.co.id melalui keterangan tertulisnya, Rabu (15/5/2024).

Diungkapkan Taufan, pesawat terbang yang mengalami kerusakan itu meninggalkan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar pukul 15.30 WITA.

“Setelah mendapatkan informasi kendala teknis tersebut, Angkasa Pura I beserta stakeholder Emergency Operation Committee segera siaga di bandara,” tukasnya.

Taufan bilang, sekitar pukul 17.07 WITA pesawat tersebut mendarat di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan aman dan selamat.(*)

  • Bagikan