Dwi Suprapto : Panwascam Harus Siap Hadapi Berbagai Tekanan 

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR — Ketua Bawaslu Bulungan, Dwi Suprapto resmi melantik jajaran Panwascam (Pengawas Kecamatan) untuk pelaksanaan pengawasan tahapan Pilkada 2024. Pelantikan digelar di Hotel Grand Pangeran Khar, Sabtu, 25 Mei. 

Kegiatan ini juga dihadiri okeh dua Komisioner Bawaslu Bulungan, Sri Wahyuni dan Riswan. Hadir pula Wakil Bupati Bulungan, Ingkong Ala serta jajaran Forkopimda Pemkab Bulungan. 

Total ada 30 Panwascam yang dilantik. Ketua Bawaslu Bulungan, Dwi Suprapto pun menyebutkan jika para pengawas kecamatan tersebut akan bertugas memastikan pelaksanaan Pilkada 2024,  Pilgub Kaltara dan Pilbup Bulungan berjalan dengan baik. 

Menurutnya panwascam punya tugas yang strategis dan mulia dalam mengawal pelaksanaan pesta demokrasi.  “Panwascam merupakan ujung tombak Bawaslu di kecamatan,” ungkapnya saat memberikan sambutan.  

Untuk itu, kata dia, Panwascam dituntut aktif dan progresif. Mengerti tugas serta wewenang, dan mampu menguasai kondisi wilayah dan kondisi masyarakat di masing-masing daerahnya.  

Hal ini menurutnya tentu tak mudah. Apalagi kondisi masing-masing wilayah yang berbeda. Mulai dari geografis, infrastruktur, akses jalan, akses telekomunikasi, hingga jaringan internet. 

“Belum lagi, karena gelaran pilkada, sarat akan kepentingan lokal. Jadi anda harus mempersiapkan diri menghadapi tekanan baik yang sifatnya individu maupun kelompok,” tambahnya.  (*) 

  • Bagikan