Mahasiswa Fak Pertanian UBT Magang Berbasis MBKM

  • Bagikan

FAJAR, TARAKAN-– Sebanyak 167 mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Borneo Tarakan akan melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Magang Berbasis MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Progam Praktek Kerja Lapang (PKL) mulai dilaksanakan pada tanggal 19 Juni 2024 dan akan berlangsung selama 40 (empat puluh) hari kerja. Adapun pelaksanaan program Magang Merdeka Belajar dilakukan selama 6 (enam) bulan yang dimulai pada bulan Agustus 2024. 

Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan Magang Berbasis MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka)  merupakan mata kuliah wajib pada Fakultas Pertanian Universitas Borneo Tarakan bertujuan memberikan pengalaman praktis di lapangan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan pengetahuan teoritis yang diperoleh dalam konteks pekerjaan praktis. Kegiatan tersebut dilakukan pada perusahaan atau instansi yang terkait dengan disiplin ilmu seperti budidaya tanaman, pengolahan hasil pertanian, bisnis pertanian, pemberdayaan masyarakat dan bidang pertanian lainnya.

Ciri khas dari kegiatan Praktik Kerja Lapangan(PKL) dan Magang Berbasis MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka)  adalah keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan sehari-hari di tempat kerja (mitra) baik secara tim maupun mandiri berdasarkan bimbingan dan arahan dosen pembimbing lapang (DPL) dari fakultas dan mitra. 

Langkah awal pelaksanaan program diberika pembekalan serta pelepasan mahasiswa Praktek Kerja Lapang (PKL) dan Program Magang MBKM. Kegiatan tersebut telah dilakukan pada hari Senin tanggal 10 Juni 2024 bertempat di Aula Rektorat Lantai IV Universitas Borneo Tarakan.

Acara dibuka oleh Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Nia Kurniasih Suryana, SP., MP yang mewakili Dekan Fakultas Pertanian Universitas Borneo Tarakan. Dalam sambutannya, Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan menyampaikan pentingnya kegiatan Praktek Kerja Lapang (PKL) dan Program Magang MBKM dalam rangka meningkatkan kompetensi sehingga dapat mencetak mahasiswa yang profesional dan siap menghadapi persaingan di masa depan.

Materi pembekalan yang diberikan adalah aturan dan petunjuk teknis kegiatan Praktek Kerja Lapang (PKL) dan Program Magang MBKM. Narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Dr. Ir. Eko Hary Pudjiawati, MP., Dr. Nur Indah Mansyur SP., MP. Dan Dr. Ahmad Mubarak ST., M.Si. Hadir pula seluruh dosen-dosen Fakultas Pertanian yang merupakan sekaligus Dosen Pembimbing PKL dan Magang. 

  • Bagikan