Istrinya Jadi Komisaris PT Pertamina Patra Niaga, Ini Profil Mantan Komisaris BSI Arief Rosyid

  • Bagikan

FAJAR, JAKARTA — Nama Arief Rosyid kembali mencuat setelah Muhammadiyah menarik dananya dari Bank Syariah Indonesia (BSI).

Mantan Komisaris BSI ini disorot seiring nama Felicitas Tallulembang naik jabatan sebagai komisaris independen perseroan BSI tahun 2024 ini.

Siapa Arief Rosyid?

Arief Rosyid Hasan lahir di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, pada 4 September 1986.

Ia menempuh pendidikan tinggi di Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, Makassar, jurusan Kedokteran Gigi.

Kemudian melanjutkan Master Kesehatan Masyarakat (M.KM) di Universitas Indonesia.

Karier organisasinya dimulai di lingkungan mahasiswa, di mana ia pernah menjabat sebagai Ketua Umum PB HMI pada 2013-2015.

Karier politiknya mulai naik saat ia menjadi Wakil Direktur Milenial Tim Kemenangan Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf pada Pilpres 2019.

Sejak saat itu, ia menduduki berbagai posisi komisaris di perusahaan BUMN.

Karier Komisaris:

  1. 2020: Komisaris PT Bank Syariah Mandiri.
  2. 2021: Komisaris Independen BSI setelah tercetus dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) BRI Syariah pada 15 Desember 2020.
  3. 2023: Komandan pemilih muda dalam Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Pada tahun ini, ia mengundurkan diri dari jajaran komisaris BSI.
  4. 2024: Istrinya, Siti Zahra Aghnia, dipilih menjadi Komisaris PT Pertamina Patra Niaga.

Karier Arief tidak lepas dari kontroversi. Salah satu yang mencuat adalah pemecatannya dari Dewan Mesjid Indonesia (DMI) setelah memalsukan tanda tangan Jusuf Kalla, yang ditujukan kepada Wakil Presiden Ma’ruf Amin untuk sebuah acara Festival Ramadhan.

Jusuf Kalla menindak tegas dengan memecat Arief dari keanggotaan DMI.

Arief Rosyid Hasan adalah tokoh muda yang berpengaruh dengan karier yang cemerlang di berbagai posisi strategis, namun tidak lepas dari kontroversi.

Profil Siti Zahra Aghnia

Siti Zahra Aghnia, kelahiran Jakarta pada 18 Juni 1991, adalah seorang profesional muda.

Siti Zahra menyelesaikan pendidikan Sarjana (S1) Interior Arsitektur di Fakultas Teknik, Universitas Indonesia.

Sebelum resmi menjabat sebagai Komisaris Independen di PT Pertamina Patra Niaga pada 1 Januari 2024, Siti Zahra pernah menduduki beberapa posisi penting.

Pada tahun 2022, ia menjabat sebagai Komisaris di PT Zahra Bakti Gemilang. Tak hanya itu, ia juga memiliki pengalaman sebagai Direksi di PT Gamlindo Nusa dari tahun 2014 hingga 2020. (*/fajar)

  • Bagikan