Bupati Instruksikan UPT Puskesmas Agendakan Khitanan Massal Setiap Tahun

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR – Kegiatan bakti sosial khitanan masal gencar dilakukan Pemerintah Kabupaten Bulungan dalam momentum libur sekolah. Bahkan bupati berencana mengagendakan khitanan masal digelar setiap tahun oleh seluruh UPT Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Bulungan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd.M.Si saat membuka kegiatan khitanan massal di UPT Puskesmas Tanjung Palas Utara yang diikuti sedikitnya 68 orang anak.
“Insya allah tahun 2025 kita programkan acara sunatan massal serentak, ketika sudah masuk kalender liburan anak sekolah kita sosialisasikan. Kita minta 12 UPT Puskesmas se-Kabupaten Bulungan serentak melakukan bakti sosial sunatan masal yang jadwalnya kita sesuaikan dengan kelender liburan anak sekolah,”kata bupati.

Bahkan sejak memasuki libur sekolah pada bulan Juni hingga saat ini sudah ratusan anak yang telah di khitan termasuk dirumah pribadi Bupati Bulungan beberapa waktu lalu.
“Belum lama ini kita menggelar sunatan massal di Gereja Toraja Tanjung Selor sebanyak 70 orang anak, dari masyarakat Tanjung Selor dan sekitarnya,”teragnya.

Menurutnya, berkhitan bukan hanya dipandang dari segi agama saja, namun lebih kepada faktor kesehatan anak-anak kita. Bahkan dalam beberapa kegiatan khitanan masal peserta yang mengikuti bukan saja anak yang beragama islam saja banyak peserta dari agama lain.

“Kegiatan bakti sosial seperti ini menjadi komitmen Pemda Bulungan untuk membantu masyarakat. Karena tidak semua orangtua mampu mengkhitankan anaknya, karena biaya yang dikeluarkan tidak sedikit,”tambahnya.

Bupati kembali berpesan, agar kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan sebagai upaya membantu masyarakat dan bentuk kehadiran pemerintah dalam melayani kebutuhan kesehatan.

“Kegiatan seperti ini dapat langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat atas kehadiran pemerintah. Kedepan kita agendakan setiap tahun dapat dilaksanakan oleh setiap UPT Puskesmas se-Kabupaten Bulungan saat memasuki libur anak sekolah,”tuntasnya.(*)

  • Bagikan