Viral Masjid Dijual di Makassar, Begini Duduk Perkaranya

  • Bagikan

FAJAR, MAKASSAR — Sebuah masjid di Makassar viral usai dikabarkan dijual. Masjid itu bernama Masjid Fatimah Umar, terletak di BTN Makkio Baji, Kelurahan Bangkala, Kecamatan Manggala, Kota Makassar.

Camat Manggala Kota Makassar, Andi Eldi mengatakan pihak yang ingin menjual atas nama Hilda. Warga yang memiliki sertifikat hak milik dari tanah masjid itu berdiri.

“Kita lihat di spanduk itu, spanduk itu masih sertifikat hak milik atas nama Hilda. Jadi dua sertifikat, ada dua tempat. Bangunan mesjid dan tanah kosong,” kata Andi Eldi saat ditemui di kediaman Wali Kota Makassar Danny Pomanto, di Jalan Amirullah, Makassar,  Senin (15/7/2024).

Ia menuturkan, hal itu bermula saat pengurus Masjid Fatimah Umar berselisih paham dengan ahli waris tanah. 

“Artinya ada kesalahan paham antara pengurus dan pihak yang punya karena mungkin bisa jadi tidaknya adanya transparan didalamnya, karena tidak adanya mungkin kordinasikan terhadap pemilik, sehingga ketersinggungan itu bisa terjadi,” tuturnya.

Andi Eledi mengatakan saat ini berkoordinasi dengan stakeholder terkait. Yakni Bagian Kesejahteraan (Kesra) Makassar,

“Yang pertama, pasti akan kita kordinasikan dengan Kabag Kesea, dewan mesjid kecamatan Manggala sehingga itu bisa kita sepakati apa yang harus kita lakukan,” ucapnya.

Aset tersebut diketahui dijual senilai Rp2,5 miliar. Kabag Kesra Makassar Muhammad Syarief mengatakan akan segera mencarikan jalan agar masjid itu bisa kembali digunakan masyarakat.

“Kita akan undangan pihak-pihak yang berkepentingan agar supaya mesjid ini bisa terfasilitasi untuk masyarakat,” ujarnya.

“Doakan yang baik-baik yah teman-teman, semoga ada jalan keluar agar warga bisa tetap sujud menyembah Allah disini. Silakan support dan share, Bismillahirrahmanirrahim,” ucapnya.

Ia pun memberikan kesempatan kepada dermawan lainnya yang ingin ikut menjadi donatur untuk membeli Masjid yang dijual tersebut.

“Gerakan Ummat beli kembali tanah MASJID FATIMAH UMAR | Rekening pengumpulan Infaq BSI 7194243396 a.n Kurir Langit Makassar | Wajib Konfirm WA https://wa.me/628114219116/. Butuh 35 ribu orang yang beinfak Rp100 ribu,” tandasnya.

(Muhsin/fajar)

  • Bagikan