Dinkes Kaltara Yakin Imunisasi Polio Capai Target

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR – Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Kalimantan Utara (Kaltara) saat ini tengah berlangsung di pos-pos layanan kesalahan yang sudah ditentukan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltara, Usman mengatakan dari total target sasaran 99.088 anak usia 0-7 tahun, tercatat realisasinya dalam sepekan ini sudah mencapai 56 persen.

“Capaiannya cukup baik, sudah di angka 56 persen hampir 60 persen, karena setiap hari selalu ada saja orang tua yang datang membawa anaknya untuk melakukan vaksin polio,” katanya, Selasa (30/7/2024)

Meski demikian, Dinkes Kaltara masih memiliki kendala yakni mobilisasi anak yang tidak sekolah ke layanan kesehatan. Tapi, dari pelayan kesehatan sudah membuka di setiap wilayah Pos Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio masing-masing.

Adapun putaran kedua pelaksanaan PIN Polio ini akan dilanjutkan setelah 4 minggu atau 1 bulan pasca dilakukan PIN Polio tahap pertama. Jadi, di putaran kedua nanti anak usia 0-7 tahun ini akan mendapatkan dua dosis.

“Saat ini kita masih menunggu laporan terakhir dari kabupaten/kota untuk kemudian kita laporkan ke Kementerian Kesehatan. Kan setiap hari itu ada tiga kali laporan dari kabupaten/kota, mulai dari pukul 14.00 WITA, 16.00 WITA dan 18.00 WITA,” jelasnya.

Usman menyebutkan, sejauh ini pihaknya masih menunggu laporan dari kabupaten/kota terkait persoalan kendala yang dihadapi secara teknis dalam pelaksanaan PIN Polio ini.

Pastinya, pihaknya tetap optimistis bahwa pelaksanaan PIN Polio ini dapat terlaksana optimal sesuai target 95 persen dari total target sasar keseluruhan di provinsi. (*)

  • Bagikan