Gubernur Kaltara Usulkan 9 Nama Calon Pjs Bupati di Tiga Daerah  

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR — Masa cuti kampanye bagi petahana kepala daerah yang kembali maju di Pilkada 2024, akan dimulai akhir September ini. 

Gubernur Kaltara, Zainal A Paliwang pun sudah mengusulkan nama calon Pjs Kepala Daerah (Bupati), bagi wilayah dimana bupati dan wakil bupatinya kembali mengikuti kontestasi pilkada. 

Kepada wartawan, Zainal A Paliwang mengatakan jika, ada tiga kabupaten yang akan dijabat oleh Pjs selama masa cuti kampanye. Yakni Kabupaten Bulungan, Malinau dan Kabupaten Tana Tidung.

Seperti diketahui Bupati Bulungan, Syarwani kembali mencalonkan diri sebagai bupati. Sementara wakilnya Ingkong Ala, turut mencalonkan sebagai wakil gubernur Kaltara berpasangan dengan petahana.

Kemudian di Tana Tidung dimana bupati Ibrahim Ali dan wakilnya Hendrik juga berkontestasi, meskipun tak lagi berpasangan. Lalu Bupati dan Wakil Bupati Malinau, Wempi W Mawa – Jakaria maju berpasangan di tempat yang sama. 

“Tiga kabupaten ini sudah kita usulkan ke Mendagri, jadi ada usulan tiga nama di tiap daerah. Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah ada, sesuai dengan aturan yang kita ajukan eselon II,” jelas Zainal di Kantor DPRD Kaltara, siang tadi. 

Jika ada tiga nama yang diusulkan dari setiap daerah, maka ada total 9 nama yang dikirim ke Kemendagri. Pihaknya, kata dia, sisa menunggu kebijakan pusat yang menetapkan sesuai dengan usulan provinsi. 

Zainal juga menjelaskan, jika dirinya juga akan cuti kampanye, selama dua bulan mulai akhir September ini. Karena dia dan wagub Kaltara kembali ikut Pilkada 2024, maka akan ada Pjs Gubernur yang ditunjuk oleh pemerintah pusat.(*)

  • Bagikan