Pemkab Bulungan Dapat DID Rp12,41 M dari Capaian Kinerja Kesejahteraan Masyarakat

  • Bagikan

FAJAR, JAKARTA – Pemerintah Kabupaten Bulungan berhasil meraih penghargaan Dana Insentif Daerah (DID) dari Pemerintah Pusat atas pencapaian kinerja tahun berjalan kelompok kategori kesejahteraan masyarakat senilai Rp 12,41 Miliar, sesuai Keputusan Menteri Keuangan Nomor 353 Tahun 2024 tentang Rincian Alokasi Insentif Fiskal Tahun Anggaran 2024.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Bulungan Syarwani, S.Pd., M.Si dalam acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) dan Penyerahan Insentif Fiskal atas Kinerja Penghapusan Kemiskinan Ekstrem di Istana Wakil Presiden RI Jakarta pada Rabu (18/9/2024) pagi.

DID merupakan bagian dari dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Penghargaan ini diberikan pada daerah berdasarkan kriteria tertentu. Adapun penggunaan insentif fiskal kinerja tahun berjalan tersebut digunakan untuk mendanai kegiatan sesuai kebutuhan dan prioritas daerah.
Meliputi dukungan infrastruktur, pelayanan publik, peningkatan perekonomian, pelayanan kesehatan dan pendidikan.

Penerima insentif fiskal dinilai berdasarkan kinerja daerah, kepatuhan dalam verifikasi data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrim (P3KE) dan pelaporan pelaksanaan upaya percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem, serta alokasi dan realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) bersifat langsung maupun penunjang.

Rincian DID yang diterima Pemkab. Bulungan dari pemerintah pusat, yaitu Rp.5,726.208,000 untuk Kategori Kinerja Penghapusan Kemiskinan Ekstrim, serta sejumlah Rp.6.684,791,000 untuk Kategori Kinerja Penggunaan Produk Dalam Negeri.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Bulungan Syarwani menyampaikan dana insentif tersebut merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat dari kinerja Pemda Bulungan dalam menangani stunting, kemiskinan ekstrem dan tata kelola keuangan.

“Alhamdulillah kita meraih apresiasi DID senilai Rp 12,41 Miliar dari pemerintah pusat. Yang nantinya kita gunakan untuk mendukung berbagai program strategis daerah terutama menyangkut penanganan stunting dan kemiskinan,”ungkapnya.

Menurutnya, capaian tersebut merupakan kerja dan dukungan semua pihak sehingga berbagai program prioritas daerah berjalan dengan baik dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“Saya berharap capaian ini dapat terus ditingkatkan demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bulungan,”pungkasnya (*)

  • Bagikan