Bawaslu Kaltara Raih Penghargaan Kategori Soliditas Terbaik di Gakkumdu Award 2024

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR – Bawaslu Kaltara bersama instansi terkaitnya yang tergabung dalam sentra Gabungan Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) berhasil meraih terbaik ke-2 dalam Kategori Soliditas Terbaik pada penganugerahan Gakkumdu Award Tahun 2024 yang digelar oleh Bawaslu Republik Indonesia (RI), Kamis (19/09/2024).

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Datin, Fadliansyah mengucapkan rasa syukur atas diraihnya penghargaan ini.

“Pertama-tama syukur alhamdulilah sentra Gakkumdu Kaltara meraih peringkat 2 terbaik nominasi Soliditas Gakkumdu Pemilu 2024  pada gakkumdu award yang dilaksanakan pada tanggal 18-20 September 2024. Selanjutnya ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak-pihak yang turut berperan dalam mewujudkan soliditas gakkumdu Pemilu 2024, yaitu Gakkumdu unsur Polda Kaltara dan unsur Kejati Kaltara (sebelumnya Kaltim),” ucap Fadliansyah, yang juga selaku koordinator Gakkumdu Kaltara ini.

“Tentu semangat soliditas tersebut akan kita jaga dan perkuat dengan hadirnya unsur Kejaksaan Tinggi Kaltara, dalam sentra Gakkumdu Pemilihan 2024. Soliditas  Gakkumdu dapat diwujudkan dengan kordinasi yang terencana dan pemahaman yang matang terkait tupoksi masing-masing lembaga, serta integritas yang tinggi dari setiap unsur-unsur Gakkumdu,” lanjut Fadliansyah.

Dengan prestasi yang diraih ini, Fadliansyah berharap, gakkumdu Kaltara dapat memberikan pengaruh positif yang maksimal dalam Pilkada 2024. 

Kepala Sekretariat Bawaslu Kaltara Rusdiansyah yang juga hadir dalam penyerahan penghargaan itu mengatakan, sebagaimana tugas sekretariat, yaitu melaksanakan pemberian dukungan administrasi dan teknis operasional kepada Bawaslu Provinsi, termasuk di dalamnya Sentra Gakkumdu. 

“Sekretariat berupaya melaksanakan tugas itu dengan baik untuk kelancaran dan pencapaian target kinerja yang telah ditetapkan dalam Sentra Gakkumdu. Yaitu pelaksanaan Penanganan Pelanggaran Pidana Pemilu secara maksimal demi mewujudkan Pemilu 2024 yang bersih dan terpercaya,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, sebelum pelaksanaan Gakkumdu Awards 2024, tim Sentra Gakkumdu Republik Indonesia telah melakukan assesment kepada Sentra Gakkumdu di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia secara acak. Terkait indikator penilaian merupakan rahasia tim penilai yang tidak diketahui oleh peserta.

Termasuk yang menjadi kategori dalam pemberian penghargaan ini merupakan hal yang tertutup dan tidak diketahui peserta. Metode penilaian dilakukan melalui wawancara, pemeriksaan dokumen, peninjauan lapangan – verifikasi administrasi dan verifikasi faktual – secara ketat dan terukur.

Penganugerahan penghargaan Gakkumdu Award diberikan kepada Sentra Gakkumdu Kaltara untuk kategori soliditas terbaik II.

Gakkumdu Awards 2024 merupakan sarana pemberian penghargaan kepada Sentra Gakkumdu seluruh Indonesia atas kinerja yang telah dilaksanakan Gakkumdu se Indonesia – baik di tingkat Provinisi maupun tingkat kabupaten/kota – dalam mengawal pelaksanaan Pemilihan Umum tahun 2024.(*) 

  • Bagikan