KPU Tetapkan 3 Pasangan Calon Gubernur & Wagub Kaltara 

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltara menetapkan tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kaltara, yang akan bertarung di Pilkada 2024.  

Ketua KPU Kaltara, Hariyadi Hamid mengatakan sesuai dengan hasil rapat pleno tertutup dan merujuk hasil penelitian administrasi pasangan calon, maka ditetapkan tiga paslon gubernur dan wakil gubernuk Kaltara.  Ketiganya resmi sebagai peserta Pilkada 2024. 

Mereka yang ditetapkan yakni pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kaltara Sulaiman-Adri Patton, Yansen TP-Suratno, serta Zainal A Paliwang-Ingkong Ala.

“Jadi kesimpulannya tiga pasangan calon ini memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai paslon di Pilkada 2024,” jelas Hariyadi Hamid saat konferensi pers di kantor KPU Kaltara, Minggu, 22 September. 

Setelah itu, kata dia, pihaknya akan mengadakan pengambilan nomor urut yang akan dilakukan, Senin, 23 September besok. Kemudian dilanjutkan dengan deklarasi pilkada damai, sehari setelahnya dan dilanjutkan tahapan kampanye. 

Anggota KPU Kaltara, Chairulliza menambahkan jika, rapat pleno penetapan pasangan calon berjalan dengan adem dan santai. Apalagi tak ada tanggapan masyarakat, yang diterima oleh KPU untuk seluruh pasangan calon yang mendaftar. 

“Makanya pengambilan keputusan berjalan dinamis dan cepat. Tak ada dinamika yang terlalu tinggi, karena penelitian administrasi juga kita tahu ketiganya sudah memenuhi syarat,” jelasnya, siang tadi.  

Kemudian dia juga menjelaskan ada beberapa ketentuan dalam proses pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon. Nantinya kegiatan tersebut pelaksanaannya dipusatkan di kantor KPU Kaltara. 

Pihaknya hanya membatasi 30 orang tim dari setiap pasangan calon untuk masuk ke lokasi acara pengambilan nomor urut.  “Untuk menghindari penumpukan massa, masyarakat bisa melihat secara langsung proses ini melalui live streaming di kanal youtube KPU Kaltara,” tambahnya.  (*) 

  • Bagikan