Dua Peserta dari Disdikbud Kaltara Wakili Bumi Benuanta di MTQ KORPRI Nasional 

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR – Dua perwakilan dari Disdikbud Kaltara akan mewakili Bumi Benuanta di ajang  Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Nasional. Mereka berhasil berprestasi pada ajang serupa di tingkat provinsi.  

Keduanya adalah Cabang Makalah Ilmiah Al-quran, dimana juara 1 diraih oleh perwakilan Disdikbud Kaltara yakni Haspiah S.,Ag.  Serta juara 1 cabang dakwah yakni Zainal Abidin S.,Ag.,M.Pd.I.  

Lalu perwakilan Disdikbud Kaltara, Khairul Anam S.Pd., M.AppLing juga meraih juara 3 Tahfidz 7 surah. Serta Mustika M S.Pd.I yang meraih juara 2 untuk cabang Tilawah Al-Quran Putri.  

Penjabat sementara (Pjs) Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Togap Simangunsong diwakili Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Andi Amriapa secara resmi menutup seluruh rangkaian pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) 2024 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) tingkat Provinsi Kaltara, di Aula Kantor Gubernur, Jum’at (3/10).

Togap dalam sambutannya mengatakan, bersyukur pelaksanaan MTQ berjalan lancar serta dapat memberikan nilai-nilai keagamaan, kebersamaan serta profesionalisme Aparatur Sipil Negeri (ASN).

“Saya mengucapkan selamat kepada para pemenang yang telah berhasil meraih prestasi pada MTQ kali ini. Saudara sekalian telah menunjukkan kemampuan terbaik dalam membaca dan menghayati kandungan Al Qur’an semoga capaian ini mmenjadi motivasi untuk terus meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran Al Qura’an dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan kerja maupun masyarakat,” kata ujar Togap dalam sambutan yang dibacakan.

Pjs Gubernur percaya para peserta yang berhasil menjuarai MTQ yang berkesempatan menjadi calon kafilah pada gelaran MTQ Korpri tingkat nasional adalah orang-orang yang dapat diandalkan dan mampu meraih juara tingkat nasional.

“Kepada yang belum meraih kemenangan janganlah berkecil hati. Kemenangan sejati terletak pada proses pembelajaran yang kita jalani, serta semangat yang terus terjaga untuk memperdalam tentang Al Qur’an,” tambahnya memotivasi peserta.

Pjs Gubernur mengajak peserta menjadikan hal ini sebagai pengalaman dan bagian dari usaha agar menjadi ASN yang unggul, berakhlakul karimah, serta menjadi tauladan yang baik dalam pengabdian kepada masyarakat.

Pj Gubernur juga mengatakan, MTQ ini juga menjadi salah satu langkah menggelorakan kembali jiwa korsa, khususnya antara ASN. Juga mencari peserta terbaik, yang akan mewakili Korpri Kaltara mengikuti MTQ Korpri tingkat nasional pada November mendatang, di Kota Palangkaraya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

“MTQ Korpri ini kita harapkan tidak hanya sekadar ajang untuk mengukur prestasi semata melainkan sebagai sarana perekat rasa kebersamaan anggota Korpri, serta membangun kekuatan berdasarkan nilai-nilai Islami,” harapnya.

Adapun para pemenang hasil penilaian Dewan Hakim MTQ Korpri 2024 Tingkat Provinsi Kaltara di antaranya yakni, juara I Cabang Tilawah Alquran juara I qari terbaik diraih Harto M. Tonata, S. Pd utusan Pemkab Nunukan, sedangkan juara I Cabang Tilawah Alquran qari’ah terbaik diraih Mega Novita, S.Pd., utusan Pemkab Bulungan. Cabang Tartil Alquran Pria Juara I Muh. Hasrullah B.,S.HI utusan Pemkab Nunukan, sedangkan juara I Cabang Tartil Alquran Wanita Susianti, S.Pd.I utusan Pemkab Bulungan.

Untuk Cabang Dakwah Da’i terbaik diraih oleh Zainal Abidin,S.Ag,M.Pd.I dari OPD Kaltara, Da’iyah terbaik Lailatul Mufarohah, S. Sy utusan Nunukan dan cabang Azan Muadzdzin terbaik aatas nama Syukur,S Pd.I utusan Kota Tarakan. Cabang Hafalan Juz 30 (Juz Amma) Pria Juara I Baharuddin, S.Ag.,M.Pd. asal Pemkab Malinau dan Cabang Hafidzah Alquran Golongan Hafalan Juz 30 (Juz Amma) Nurhayati, S.Pd dari Pemkab Nunukan. Daftar lengkap juara dapat dilihat pada link pdf yang tertera.

Turut hadir Pj Walikota Tarakan, Dr. Bustan S.E., M.Si., Pjs Bupati Bulungan, Haerumuddin,S.H.,M.AP, Wakil Ketua LPTQ Roby Yuridis Harman, S.Sos.,M.T serta perwakilan Pemkab Nunukan, Pemkab KTT, dan Pemkab Malinau.

  • Bagikan