Sepakati Delapan Komitmen untuk Upaya Kurangi Sampah Plastik 

  • Bagikan

FAJAR, NUNUKAN — Sampah  plastik kian menumpuk tak dapat diurai oleh mikroba sehinga mengancam keseimbangan lingkungan hidup dan kesehatan masyarakat di Kabupaten Nunukan. 

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Nunukan menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Gerakan Pembatasan Penggunaan Plastik Sekali Pakai yang dipimpin Asisten Perekonomian dan Pembangunan Asmar Said  di ruang rapat Lantai 1 Kantor Bupati Rabu (9/3).

Rakor diikuti instansi terkait dan Lembaga Swadaya Masyarakat  serta dari unsur Pers berlangsung cukup dialogis.   Asmar menegaskan  untuk mewujudkan Nunukan bersih, dibutuhkan komitmen bersama antara masyarakat, pelaku usaha, pemerhati lingkungan, organisasi sosial dan kemasyarakatan untuk melakukan pengurangan penggunaan sampah plastik. 

Penegasan kandidat Doktor Ekonomi ini mendapat dukungan peserta rapat.  Ada delapan komitmen yang dihasilkan dalam rapat antara pertama Mendukung sepenuhnya Gerakan Nunukan Bersih.

Kedua, Berkomitmen untuk melakukan pembatasan dan penyediaan informasi dan promosi pembatasan penggunaan plastik sekali pakai di tempat usaha masing-masing palin lambat bulan oktober 2022

Ketiga, berkomitmen untuk mempromosikan Penggunaan Kantong Belanja, Kemasan belanja dan bahan lainnya yang ramah lingkungan.

Keempat, Pembatasan Penggunaan Sedotan Plastik dan mempromosikan penggunaan sedotan ramah lingkungan.

Kelima, Berkomitmen menghentikan penggunaan styrofoam sebagai bahan kemasan.

  • Bagikan