Berkat Program Tol Laut, Arus Distribusi Barang Kian Menggeliat di Nunukan 

  • Bagikan

  • Beri Subsidi Bagi Pengguna Jasa 

NUNUKAN, FAJAR — Aktivitas kontainer di area petu kemas Pelabuhan Tunon Taka Nunukan, kian menggeliat. Alur distribusi barang kian padat yang menggambarkan aktivitas perdagangan terus meningkat. 

Pantauan FAJAR, pengangkutan barang didominasi oleh rumput laut. Kontainer berisi komoditas unggulan Nunukan tersebut akan didistribusikan melalui kapal tol laut ke wilayah Makassar. Ada satu kapal tol laut yang saat ini beroperasi untuk rute tersebut

Operator PT Gunung Sebatung, Mardha Hada mengatakan, saat ini keberadaan tol laut sangat membantu aktivitas perdagangan di wilayah Nunukan. Alur distribusi barang kian lancar dan betul-betul dinikmati oleh masyarakat. 

Kata dia, kapal tol laut sudah mengangkut 60 kontainer dari wilayah Makassar. Pengangkutan ini, diakuinya untuk dua rate. Bahkan berkat layanan tersebut, jadwal pengangkutan kontainer kian padat. Utamanya untuk komiditas unggulan seperti rumput laut. 

Kata dia, pihaknya sebagai agen melihat geliat perdangan yang sangat tinggi. Apalagi pemerintah telah memberikan subsidi keringanan biaya sewa kontainer yang sangat murah. Yang terpenting, penggunanya mesti melakukan boking melalui aplikasi. 

Menurunya biaya untuk pengangkutan melalui aplikasi tol rata-rata berkisar Rp5 jutaan. “Kemudian ada subsidi sewa kontainer. Ini sangat membantu dan meringankan beban pengguna jasa,” bebernya kepada FAJAR, Rabu 13 April. 

Pihaknya juga telah mendapat penghargaan dari Kementerian Perhubungan karena geliat distribusi barang tol laut ke wilayah Nunukan sangat tinggi. “Pemerintah pusat memang melihat daerah yang berpotensi. Alhamdulillah distribusi barang ke Nunukan sangat tinggi,” ujarnya. 

  • Bagikan