Tak Hadiri Pernikahan Ketua MK, Pengamat: Ada Hubungan yang Tak Baik Antara Jokowi, Megawati, dan Puan

  • Bagikan

FAJAR, JAKARTA— Absennya Megawati Soekarnoputri dan Puan Maharani dalam pernikahan adik Presiden Jokowi, Idayati, merupakan kode hubungan antara Jokowi dengan keduanya sedang tak baik. Hal itu diungkapkan pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin,

Ada pun pernikahan Idayati dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman digelar di Solo, Jawa Tengah, pada Kamis (26/5/2022).

“Saya melihatnya sedang ada hubungan yang tak baik antara Jokowi, Megawati, dan Puan. Jika hubungannya baik, maka baik Megawati maupun Puan pasti akan memprioritaskan datang di acara nikah adiknya Jokowi,” ujar Ujang, Jumat, 27 Mei 2022.

Ujang menduga, salah satu alasan yang membuat hubungan keduanya tak baik karena masalah perpanjangan masa jabatan. Ia mengatakan ada salah satu pihak yang ingin agar masa jabatan presiden menjadi tiga periode, namun ditolak hingga akhirnya ide itu kandas. “Soal 3 periode, itu soal pertarungan Jokowi dengan Megawati,” kata Ujang.

Ketua DPR, Puan Maharani, mengaku tidak dapat mengikuti secara langsung acara pernikahan itu karena ada kegiatan yang harus dihadiri di Bali pada waktu bersamaan. Ia menjadi salah satu pembicara pada rapat pleno yang membahas evaluasi jangka menengah Kerangka Kerja Sendai (Sendai Framework).

  • Bagikan