Tekan Angka Rujukan, Pelayanan Kesehatan RSUD Nunukan Makin Lengkap

  • Bagikan
Direktur RSUD Nunukan dr Dulman L,M Kes, Sp.OG

FAJAR, NUNUKAN — Tak perlu lagi jauh-jauh ke Tarakan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Layanan lengkap sudah dihadirkan di RSDU Nunukan.

RSUD Nunukan terus berbenah. Menghadirkan pelayanan kesehatan yang optimal kepada masyarakat, dengan ketersediaan SDM, fasilitas, hingga alat kesehatan yang kian lengkap.

Meski berada di wilayah perbatasan, namun fasilitas yang tersedia di rumah sakit ini tak kalah dengan yang ada di kota. Hampir semua penanganan penyakit, sudah bisa ditangani dengan tersedianya dokter spesialis yang beragam.

Direktur RSUD Nunukan dr Dulman L,M Kes, Sp.OG menjelaskan, ketersediaan baik SDM, sarana dan prasarana, serta alat kesehatan di rumah sakitnya semakin lengkap. Dari awal berdiri yang hanya menangani empat penyakit dasar saja, kini kian bertambah.

Diapun berbagi kisah tentang awal berdirinya rumah sakit ini saat berbincang dengan FAJAR di ruang kerjanya. Kata dia, RSUD Nunukan beridiri karena adanya deportasi besar-besaran TKI dari Sabah.

Sementara pelayanan kesehatan kala itu sangat terbatas. Hanya ada puskesmas di wilayah Pulau Nunukan. Sedangkan jika ingin merujuk, butuh waktu berjam-jam menggunakan kapal kayu ke Tarakan.

“Banyak kasus penyakit pada kala itu. Hingga akhirnya puskesmas yang ada beralih menjadi RSUD. Meski dengan keterbatasan pelayanan, namun beberapa kasus masih bisa ditangani,” ungkapnya.

Hingga akhirnya pihaknya mendapatkan bantuan pembangunan rumah sakit, yang kemudian diresmikan pada 2008. Awalnya, kata dia hanya empat penyakit dasar yang mampu ditangani, yakni bedah, penakit dalam, kandungan, dan radiologi.

  • Bagikan