Gubernur Kaltara Berhasil Tekan Angka Pengangguran

  • Bagikan
Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang

FAJAR, TANJUNG SELOR — Meski masih dalam kondisi Covid-19, namun Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang mampu menekan angka pengangguran. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan penurunan tingkat pengangguran terbuka (TPT).

Data yang dihimpun FAJAR, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada Februari 2022 lalu sebesar 4,62 persen, turun 0,05 persen poin dibandingkan dengan Februari 2021

Selain itu jumlah penduduk yang bekerja sebanyak 333.718 orang, meningkat sebanyak 157 orang dari Februari 2021. Lapangan pekerjaan yang mengalami peningkatan persentase, dimana terbesar adalah sektor jasa pendidikan hingga transportasi dan pergudangan.

Kemudian sebanyak 166.584 orang (49,92 persen) bekerja pada kegiatan informal, naik 0,18 persen poin dibanding Februari 2021. Kondisi ini menunjukkan tren yang baik, meski Indonesia masih dilanda pandemi.

Gubernur Kaltara, Zainal A Paliwang memang fokus untuk terus meningkatkan kompetensi masyarakat. Apalagi investasi perusahaan asing di Kaltara sudah sangat besar.

Dia tak ingin masyarakat hanya jadi penonton saja. Harus mengambil peran untuk bisa meningkatkan skil dan kompetensinya agar bisa bersaing di dunia kerja.

Salah satu yang akan dihadirkan adalah lab bahasa yang akan melatih dan memberikan kursus gratis kepada masyarakat. “Kursus bahasa mandarin dan inggris secara gratis. Ini tentu menjadipeluang baik, agar SDM di Kaltara bisa bersaing di pasar kerja,” tambahnya. (*)

  • Bagikan