Ini Sederet Program Gubernur Kaltara untuk Pangkas Angka Pengangguran

  • Bagikan
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kaltara, Haerumuddin

FAJAR, TANJUNG SELOR — Gubernur Kaltara, Zainal A Paliwang punya atensi besar dalam memangkas penangguran di wilayahnya. Ada program magang hingga pemberian insentif setiap bulan bagi pencari kerja.

Kepada FAJAR, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kaltara, Haerumuddin mengatakan, saat ini lapangan kerja di Kaltara sudah terbuka luas. Masuknya berbagai investasi, menjadi peluang bagi mereka yang memang sedang mencari pekerjaan.

Menurutnya Gubernur Kaltara, Zainal A Paliwang memang memberikan fokus program untuk membuka peluang kerja bagi masyarakat. Sehingga targetnya tak ada lagi yang menganggur dan kesulitan mencari pekerjaan.

Untuk itu, pihaknya terus meningkatkan kompetensi SDM lewat berbagais pelatihan. Bahkan ada program magang di perusahaan, hingga pemberian insentif bagi para calon pencari kerja.

“Tahun ini kami menyiapkan program magang hingga pemberian insentif sebanyak 1 juta per bulan, selama 5 bulan. Program ini untuk 150 orang yang saat ini telah berjalan,” pria asal Enrekang ini saat berbincang di kantornya, Senin, 18 Juli.

Sebelumnya, kata dia, pemprov sudah membuka pendaftaran hingga proses seleksi. Pihaknya juga telah menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan, baik sektor retail, pertambangan, perkebunan, hingga sektor pariwisata.

Harapannya, dengan magang tersebut mereka bisa belajar serta ada peluang untuk diterima kerja di perusahaan. “Kemudian ada tambahan insentif untuk menunjang kehidupannya sehari-hari. Biasanya ada juga upah yang bisa mereka dapatkan di perusahaan,” ungkapnya.

  • Bagikan