Selama Kepemimpinan Zainal A Paliwang, Masyarakat Kaltara Makin Sejahtera

  • Bagikan
Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang

FAJAR, TANJUNG SELOR — Program yang dicanangkan Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang, makin dirasakan masyarakat. Kesejahteraan pun terus meningkat.

Data dari BPS Kaltara gini ratio pada periode Maret 2022 mengalami penurunan. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, gini ratio secara total di provinsi ke 34 ini turun dari 0,285 menjadi 0,272.

Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang mengungkapkan angka tersebut menunjukkan pertanda yang baik. Artinya, angka gini ratio semakin mendekati 0 memberikan dampak positif mengingat dampak ekonomi yang ditimbulkan setelah pandemi semakin membaik. “Kita berharap ketimpangan pengeluaran masyarakat semakin menurun,”terang Gubernur.

Kaltara memiliki gini ratio terendah jika dibandingkan provinsi lain di Kalimantan. Sedangkan pada tingkat nasional, Kaltara menjadi provinsi ketiga dengan gini ratio terendah setelah Bangka Belitung dan Maluku Utara.

“Hal ini menunjukkan bahwa pemerataan kesejahteraan di Kaltara sangat baik dan merata. Khususnya di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang masih terjadi di berbagai wilayah di Indonesia,” jelas mantan wakapolda Kaltara ini.

Ketua TGUPP Kaltara Bastian Lubis menilai penurunan gini ratio tersebut disebabkan karena program gubernur yang memang berpihak untuk kesejahteraan masyarakat. Pemprov Kaltara betul-betul memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan warganya.

Apalagi di dengah derasnya arus investasi dan perdagangan. Kata dia, hal ini berdampak pada meningkatkan penghasilan masyarakat, yang membuat mereka semakin sejahtera. (*)

  • Bagikan