Pastikan Layanan Kesehatan Berjalan Optimal

  • Bagikan
Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang


FAJAR, TARAKAN – Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr H Jusuf SK, Minggu 31, Juli. Turut mendampingi Direktur RSUD dr Jusuf SK, dr Rustan Samsudin, serta anggota Dewan Pengawas (Dewas) RSUD Tarakan Kaltara dr Ari Yusnita.

Kehadiran Gubernur, memastikan pelayanan bagi warga di rumah sakit milik Pemprov Kaltara itu berjalan optimal.

Sepanjang perjalanan mengelilingi rumah sakit, hampir setiap ruangan yang dilalui tak luput dari pengamatannya. Bahkan, dialog dengan pasien turut dilakukan sebagai bahan evaluasi pelayanan.

Terdapat beberapa infrastruktur di ruangan rumah sakit yang harus segera dibenahi atau ditingkatkan. Yakni berubah rehab. Selain itu, ditemukan juga beberapa peralatan yang tidak berfungsi.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur yang turut melakukan pengarahan serta dialog bersama jajaran struktur dan fungsional RSUD dr H Jusuf SK menyampaikan beberapa hal.

Salah satunya menyangkut ketersediaan obat-obatan. Ia tak mau sembarang atau asal pesan, menurutnya obat yang dibeli haruslah obat-obatan yang secara medis memang diperlukan sesuai dengan keadaan pola penyakit setempat.

“Ya misalkan di Kaltara paling banyak kasus penyakit itu diare, ya pesan obat diare, prioritaskan. Beli apa yang memang diperlukan,” kata Zainal.

Ia mengungkapkan bahwa ketidakterkaitan antara masing-masing tahap dan kegiatan akan membawa konsekuensi tidak efisiennya sistem suplai dan penggunaan obat yang ada. Hal itu, tentu akan mempengaruhi kinerja rumah sakit baik secara medik maupun ekonomi.

  • Bagikan