Di Hadapan Petinggi Negara, Jokowi Banggakan Kaltara Jadi Kawasan Industri Hijau Terbesar di Dunia

  • Bagikan

FAJAR, JAKARTA — Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mencanangkan Kalimantan Utara (Kaltara) menjadi Green Industrial Park, terbesar di dunia. Hal itu dia sampaikan dalam pidato sidang tahunan MPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat.

“Kawasan industri hijau di Kalimantan Utara akan menjadi Green Industrial Park terbesar di dunia. Saya optimistis, kita akan menjadi penghasil produk hijau yang kompetitif di perdagangan internasional,” ungkapnya.

Jokowi menyampaikan, optimisme Kalimantan Utara menjadi Green Industrial Park terbesar di dunia. Apalagi mengingat sumber energi bersih yang ada di Indonesia sangat melimpah seperti energi dari panas matahari, panas bumi, angin, ombak laut, dan energi bio.

Sumber-sumber energi itu dinilainya Jokowi mampu menjadi magnet industrialisasi segala produk rendah emisi. Inilah yang menempatkan Kalimantan Utara menjadi Green Industrial Park.

“Energi bersih dari panas matahari, panas bumi, angin, ombak laut, dan energi bio, akan menarik industrialisasi penghasil produk-produk rendah emisi,” bebernya.

Sebelumnya, Jokowi pernah menyampaikan Indonesia tengah mempercepat pilot percontohan net zero emission antara lain dengan membangun Indonesia Green Industrial Park seluas 12.500 hektare di Kalimantan Utara yang akan menjadi yang terbesar di dunia. (*)

  • Bagikan