Subsidi Angkutan Barang via Udara untuk Masyarakat Krayan

  • Bagikan


FAJAR, NUNUKAN – Bupati Nunukan yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Nunukan Serfianus menghadiri Launching Penerbangan Subsidi Ongkos Angkut Barang Tahun 2022 di Ruang VIP Bandara Nunukan, Sabtu (12/08).

Pemberian subsidi ongkos angkut barang (SOA) pesawat bagi masyarakat di wilayah krayan ini menjadi bukti bahwa pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah kabupaten nunukan benar – benar ditujukan bagi seluruh masyarakat tanpa terkecuali sesuai dengan prioritas kebutuhannya masing – masing.

“Kita tahu bersama, pesawat merupakan satu – satunya akses untuk menjangkau wilayah krayan, dengan keterjangkauan wilayah yang masih relatif sulit,” kata serfianus.

Dilanjutkannya, hal ini memberi dampak kenaikan harga barang di wilayah Krayan, terlebih di saat pandemi covid 19 akses perdagangan lintas batas negara sangat terbatas karena adanya pembatasan dari negara Malaysia yang tentunya membuat bertambah sulitnya akses masyarakat di Krayan untuk memenuhi kebutuhan pokoknya.

Melihat situasi dan kondisi seperti ini tentunya Pemerintah Daerah tidaklah tinggal diam, menurut Serfianus Pemerintah Daerah akan terus berkoordinasi dengan semua pihak yang berkepentingan untuk menyuarakan hal ini, termasuk juga menyelenggarakan kegiatan subsidi ongkos angkut barang dan orang.

“Dan hari ini, kita akan me-launching subsidi ongkos angkut barang dari Nunukan ke Long Bawan, Long Layu Dan Binuang,” jelasnya.

Lanjut dikatakan tujuan utama dari subsidi ini untuk mengurangi disparitas harga kebutuhan pokok masyarakat, serta memperlancar akses pemenuhan bahan kebutuhan pokok masyarakat dengan harga terjangkau.

” Hal ini tentunya adalah konsistensi yang di lakukan selama ini, dan sebagai wujud komitmen pemerintah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya di wilayah pedalaman seperti Krayan”, ujar Serfianus.

Dikatakan subsidi ongkos angkut barang ini juga berdampingan dengan subsidi ongkos angkut penumpang yang sudah terlebih dahulu diluncurkan di awal tahun 2022, tentunya hal ini akan semakin melengkapi dan memperbanyak lalu lintas penerbangan barang dan orang ke wilayah Krayan, sehingga menjadi harapan komitmen ini untuk membangun jembatan udara benar benar nyata adanya.

“Saya berharap kiranya perangkat daerah yang menangani bisa mengatur dengan baik, segala regulasi harus dipatuhi sehingga kegiatan yang baik ini benar benar bisa memberikan pelayanan yang sebaik – baiknya dan dapat turut membantu memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pemenuhan kebutuhan pokok yang terjangkau,” imbuhnya.

Untuk diketahui Subsidi Ongkos Angkut Barang yang diluncurkan ini melayani rute dari Nunukan ke tiga lokasi di Krayan, yakni di Long Bawan Kecamatan Krayan, Long Layu Kecamatan Krayan Selatan, dan Binuang kecamatan Krayan Tengah.

Dengan dilaunchingnya kegiatan Subsidi Ongkos Angkut Barang ini maka hal ini semakin melengkapi kegiatan subsidi ongkos angkut pesawat setelah sebelumnya, pada awal tahun 2022 Pemerintah Daerah Kabupaten Nunukan juga meluncurkan program kegiatan Subsidi Ongkos Angkut Orang. (*)

  • Bagikan