KKM Bone ‘Lopi’ Meraih Sipakalebbi di Bumi Tenguyun

  • Bagikan

FAJAR, KALTARA– Deru ombak, tiupan angin sepoi menjadi saksi suksesnya rapat kerja  dan silaturahmi Dewan Pengurus Kabupaten (DPK) Kerukunan Keluarga Masyarakat Bone (KKMB) Kabupaten Bulungan yang diselenggarakan di Balai Desa Tanah Kuning, Kecamatan Tanjung Palas Timur, Sabtu petang kemarin (20/8/2022).

Turut hadir Ketua DPK KKM Bone Bulungan H. Abidin Patte,  tokoh masyarakat Bone H Mustafa beserta masyarakat Bone perantauan maupun masyarakat bertali darah Bone di Kabupaten Bulungan sepakat dan mendukung KKM Bone menjadi ‘lopi’.

Atau bahtera untuk mencapai suatu tujuan mulia yang berlandaskan prinsip masyarakat bugis Bone. Yakni Sipakainge, Sipakatau, Sipakalebbi yang bermakna saling mengingatkan, saling memanusiakan, dan saling menghormati satu sama lain.

“KKM Bone sepakat saling mengingatkan akan hal-hal positif di berbagai sendi kehidupan di Kabupaten Bulungan khususnya, dan di Kalimantan Utara pada umumnya,” ujar Abidin Patte.

Sebagaimana tradisi leluhurnya, masyarakat KKM Bone memegang teguh prinsip saling memanusiakan, tolong-menolong, tanpa pamrih dan membeda-bedakan suku, ras, dan agama.

Di Bulungan, biasa disebut ‘Tenguyun’ (Bahasa Bulungan) yang bermakna bersama-sama atau bergotong-royong.

“Yang tidak kalah penting, KKM Bone berkomitmen penuh saling menghormati satu sama lain. Tidak hanya dengan masyarakat Bone semata, tetapi bersama seluruh suku, ras, dan agama di Kabupaten Bulungan,” tegasnya.

Ia juga mengatakan KKM Bone memegang teguh pappaseng atau petuah ‘Tega wanua maradde’, kotonitu makkacue ri ade pangadereng malebbi’na’. Maknanya, ‘Di mana bumi dipijak, di sanalah langit dijunjung’.

  • Bagikan