Heboh Kejuaraan Bulutangkis Bupati Cup, Uang Pendaftaran Rp100 Ribu Hadiahnya Cuma Rp 50 Ribu 

  • Bagikan

FAJAR, PEKALONGAN Media sosial digegerkan oleh beredarkan informasi soal event kejuaraan bulutangkis dengan tajuk Bupati Cup. Betapa tidak, hadiah lomba yang diperebutkan sangat kecil yakni hanya kisaran Rp 100 ribu untuk pemenangnya.

Kejadian tersebut terjadi di Kabupaten Pekalongan. Informasi ini berawal dari curhatan warga di media sosial yang menyebut anaknya menjadi peserta kejuaraan bulutangkis. Event tersebut dilaksanakan pada 28-29 Agustus 2022 lali di GPU Kajen Pekalongan.

Sang warga mengaku anaknya meraih juara 3.  Adapun hadiah yang diperoleh anaknya berupa piala, piagam dan uang Rp 50 ribu. Warga tersebut menyesalkan besaran hadiah yang diterima. Terlebih dalam brosur, biaya pendaftaran tertulis Rp 100 ribu untuk tunggal dan ganda Rp 150 ribu.

Pertandingan ini diikuti sekitar 110 atlet dari berbagai kelompok umur. Terdapat 10 nomor yang dipertandingkan dengan hadiah bervariasi.

Bupati Pekalongan Fadia A Rafiq menyatakan tidak mengetahui adanya hadiah yang hanya Rp 50 ribu.

“Saya sudah meminta agar KONI Kabupaten Pekalongan memanggil dan meminta keterangan  panitia. Yang jelas, saya tidak tahu ada Bupati Cup kejuaraan bulutangkis dan hadiahnya hanya Rp 50 ribu,” kata Fadia. 

Ketua Umum PBSI Kabupaten Pekalongan, Nurwahid mengakui PBSI menggelar kejuaraan bulutangkis Bupati Cup 2022 dengan hadiah Rp50 ribu bagi juara 3 untuk kategori anak-anak. Sementara hadiah juara I sebesar Rp 125 ribu. Adapun biaya pendaftaran sebesar Rp 100 ribu.

“Kami meminta maaf karena kurang teliti soal nominal hadiah berupa uang tersebut. Kami akan segera evaluasi mengenai masalah ini dan segera melaporkan ke Bupati,” kata Nurwahid.

Pertandingan ini diikuti sekitar 110 atlet dari berbagai kelompok umur. Terdapat 10 nomor yang dipertandingkan dengan hadiah bervariasi.

Ketua Umum KONI Kabupaten Pekalongan Suryan ikut menyayangkan dan meminta maaf adanya kejadian tersebut. 

“Kami meminta maaf telah terjadi masalah ini. Kami akan menambahi uang pembinaan atlet, total Rp 4 juta ke semua pemenang. Pihaknya akan menaikkan hadiah masing-masing Rp 100 ribu per pemenang dengan jumlah 40 orang atlet dari uang pribadi.

Suryan menyebut ada 9 cabang olah raga yang dipertandingkan selama bulan Agustus 2022. Kejuaraan diselenggarakan untuk peningkatan prestasi atlet, sekaligus memeriahkan HUT Kabupaten Pekalongan ke 400.

“KONI memberikan bantuan atau subsidi pada masing- masing cabor yang menyelenggarakan pertandingan, antara Rp5 Juta sampai Rp10 juta. Semua berjalan lancar dan hanya bulutangkis yang ada masalah,” katanya. (*)

  • Bagikan