Lokasi Jatuhnya Pesawat G-36 Bonanza Ditemukan, Tim Evakuasi TNI AL Lakukan Ini

  • Bagikan

FAJAR, SURABAYA — Tim evakuasi TNI Angkatan Laut (AL) telah berhasil menemukan lokasi jatuhnya Pesawat G-36 Bonanza dengan nomor ekor T-2503. Saat ini proses pencarian pesawat tengah dilakukan di perairan Barat SurabayaJawa Timur.

“Saat ini tim masih mencari di lokasi tempat jatuhnya pesawat latih kami. Sampai sore ini perkembangan di lapangan telah menemukan titik pesawat itu yang diduga kerangka pesawat,” kata Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Laut, Laksamana Muda Dwika T Setiawan di Mabesal, Jakarta, Rabu (7/9).

Dwika mengatakan, tim di lapangan tengah melakukan penyelaman ke dasar laut. Sampai saat ini bangkai pesawat tersebut belum ditemukan.

“Adapun kemungkinan penyebab kecelakaan masih kita dalami karena kita akan turunkan tim investigasi setelah pesawat ditemukan kemudian kita angkat (ke daratan),” jelasnya.

Sebelumnya, kecelakaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) kembali terjadi. Rabu (7/9) pesawat latih milik tni al jatuh dan hilang di wilayah Perairan Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS).

Berdasar informasi dari Dinas Penerangan (Dispen) Komando Armada (Koarmada) II, pesawat yang mengalami insiden tersebut berjenis G-36 Bonanza dengan nomor ekor T-2503. Pesawat tersebut mengalami insiden saat melaksanakan latihan anti serangan udara atau air defense exercise.

”Dalam hal (latihan anti serangan udara) ini, Bonanza berperan sebagai penyerang,” bunyi keterangan resmi Dispen Koarmada II, Rabu (7/9) siang. Dalam latihan tersebut, tni al turut mengerahkan sejumlah kapal perang.

  • Bagikan